Selasa , Oktober 16 2018
Home / Akademi Bitcoin / Apa Itu Cryptocurrency, Dan Cara Teraman Menggunakannya?
Apa Itu Cryptocurrency

Apa Itu Cryptocurrency, Dan Cara Teraman Menggunakannya?

Sebelum booming bitcoin, ada beberapa mata uang digital yang [ernah diciptakan untuk melayani transaksi cepat. Kebanyakan mata uang virtual ini gagal berdiri dalam jangka panjang karena beberapa alasan yang tidak bisa dihindari. Salah satunya adalah keuangan, terkait kasus penipuan, dan sering di hack. Kemudian setelah itu, muncul bitcoin sebagai cryptocurrency yang dianggap menjanjikan. Apa itu cryptocurrency, dan cara menggunakannya?

Problema yang dihadapi transaksi cepat sebelum munculnya cryptocurrency adalah waktu pengiriman yang lama dan terkadang terjadi pengiriman ganda. Berbeda dengan cryptocurrency, maa uang virtual yang satu ini diciptakan untuk melayani pengiriman data tercepat, menghindari manipulasi. Dan blockchain diciptakan untuk bertahan terhadap serangan hacker.

Cryptocurrency awalnya muncul pada tahun 2009, dimana programer Anonim menyebut dirinya sebagai Satoshi Nakamoto telah mengenalkan blockchain pertama kalinya. Satoshi menggambarkan sistem ini sebagai kas elektronik Peer-to-Peer yang terdesentralisasi. Tidak ada satu server yang dianggap sebagai pusat, tidak ada otoritas pengendali pusat, sebuah konsep yang benar-benar mirip dengan jaringan Peer-to-Peer. Dari sinilah lahir cryptocurrency pertama didunia yang disebut Bitcoin.

Apa Itu Cryptocurrency

Mengapa cryptocurrency dianggap sangat penting untuk menggantikan sistem tradisional sebelumnya? Masalah yang sering dihadapi pengembang adalah karena jaringan yang rentan dan pengeluaran ganda. Tanpa disadari, pengiriman terjadi dua kali dan ini jelas sangat merugikan pengembang mata uang digital sebelumnya. Server terpusat, merupakan tempat penyimpanan data transaksi merupakan target utama hacker untuk merampok miliaran dana yang tersimpan disana.

Berbeda dengan pengertian cryptocurrency, setiap orang harus melakukan transaksi sendiri melalui jaringan blockchain. Blockchain merupakan buku besar (general ledger) yang bisa dimiliki dan diakses setiap orang, disebut Node. Tidak ada sistem terpusat, Anda bisa menyimpan blockchain dirumah dengan syarat koneksi jaringan internet.

Perubahan transaksi apapun yang terjadi di blockchain, akan merubah blockchain dirumah kita dan tempat lainnya. Setiap transaksi cryptocurrency memiliki Key Public yang harus ditandatangani atau dikonfirmasi dengan Private Key yang dimiliki masing-masing pengguna. Kemudian menyebarkannya keseluruh Node jaringan agar memperbaharui ledger.

Jaringan cryptocurrency mengkonfirmasi transaksi dan ini hanya bisa dilakukan oleh penambang dengan cara memecahkan teka-teki kriptografi. Setiap transaksi ditandai kemudian disebarkan keseluruh jaringan. Setelah dikonfirmasi oleh penambang, data tidak mungkin direvisi atau dibatalkan. Cara kerja cryptocurrency juga didasarkan pada konsensus blockchain yang mutlak menetapkan legitimasi saldo dan transaksi.

Penjelasan tentang: Apa Itu Konsensus Blockchain?

Sistem ini akan menyulitkan hacker menembus dan memodifikasi buku besar. Jika seorang hacker berusaha menembus atau mengubah transaksi didalamnya, maka dia harus mengubah seluruh Node jaringan diseluruh dunia, karena sistem jaringan tidak terpusat. Bisa saja Node buku besar dirumah Anda yang dirubah, tetapi belum tentu Node lainnya juga ikut berubah.

Cara Menggunakan Cryptocurrency

Intinya, cryptocurrency digunakan langsung tanpa memerlukan pihak ketiga. Siapapun bisa mengakses buku besar dan bertransaksi didalamnya. Cryptocurrency saat ini bervariasi, awalnya hanya ada Bitcoin, kemudian menyusul ratusan koin lainnya. Yang umum digunakan saat ini selain Bitcoin adalah Ethereum, Litecoin, Ripple, Stellar. Sementara Waves, Cardano, dan Dogee, dikenal sebagai koin yang berbiaya transaksi rendah. Tidak satupun mata uang kripto yang berbentuk fisik, semuanya virtual yang diamankan dengan Private Key.

Bagaimana menggunakan cryptocurrency? Setiap mata uang kripto membutuhkan wallet atau dompet yang akan menyimpan aset, untuk mengirim ataupun menerima. Jika Anda tidak memiliki Core Wallet ataupun Node, juga tersedia Light Wallet. Atau bisa menggunakan wallet yang disediakan bursa kripto Indonesia, ini merupakan cara yang paling praktis tanpa harus memasang aplikasi wallet di perangkat kita.

Lebih lengkapnya, baca: Cara Menerima Dan Mengirim Pembayaran Menggunakan Bitcoin

Jika sudah memahami ‘Apa itu cryptocurrency’ maka kita tidak perlu lagi menunggu waktu lama mengirimkan pembayaran keberbagai wilayah dunia. Biaya transaksi rendah, jaringan aman, dan nilai tukarnya sama diseluruh dunia.

About DCoin

DCoin diterbitkan oleh crypto blogger, penambang kecil, pemerhati junior, sekaligus memperkenalkan teknologi blockchain kepada publik. Trik dan tips mining PoW dan PoS, dan strategi perdagangan kripto. Ikuti terus ulasan kami untuk mengetahui lebih lanjut tentang tren kripto, dan bagaimana menciptakan ekosistem blockchain menjadi positif untuk masyarakat luas.

Baca Juga

Perbedaan ICO Dan IPO

Perbedaan ICO Dan IPO, Jangan Pernah Dianggap Sama

Ternyata banyak orang yang salah kaprah memahami tentang ICO yang dianggap sama seperti IPO. Walaupun …