Senin , Desember 10 2018
Home / Akademi Bitcoin / Apa Itu Ethereum Dan Ether? Dua Sebutan Yang Berbeda Makna
Apa Itu Ethereum, Apa Itu Ether

Apa Itu Ethereum Dan Ether? Dua Sebutan Yang Berbeda Makna

Blockchain yang satu ini dikenal banyak orang dan lebih populer digunakan saat ini. Ethereum salah satu inovasi blockchain yang mampu menghubungkan aplikasi lain dengan blockchain yang dikenal dengan dApps. Apa itu Ethereum? Dan apa yang dimaksud dengan Ether (ETH)?

Bahkan sampai hari ini, masih banyak orang yang salah menyebutkan ETH sebagai Ethereum. Padahal keduanya mempunyai makna yang berbeda. Mengapa diberi nama Ether? Mengapa ada banyak sekali alamat kripto lain yang diawali dengan ‘0x’ mirip dengan Ether? Berikut akan dijelaskan bagaimana asal mula koin Ether mulai dikenal.

Apa Itu Ethereum?

Ethereum adalah platform komputasi terdistribusi open source berbasis blockchain, dan sistem operasi berfungsi sebagai kontrak cerdas (smart contract). Ethereum diusulkan oleh Vitalik Buterin pada akhir tahun 2013. Vitalik adalah salah satu peneliti dan programmer cryptocurrency ternama saat ini.

Pengembangan blockchain Ethereum didanai melalui Crowdfunding online yang berlangsung antara Juli dan Agustus 2014. Blockchain Ethereum muncul pada 30 Juli 2015, sekitar 11,9 juta koin Ether Premined telah digunakan untuk crowdsale, atau senilai 13 persen dari total sirkulasi ETH.

Baca juga: Apa Itu Crowdfunding, Dan Hubungannya Dengan ICO?

Proyek DAO runtuh apada tahun 2016, Ethereum dibagi menjadi dua blockchains terpisah. Yang sampai hari ini beredar di pasar adalah Ethereum (ETH), sementara blockchain yang asli disebut Ethereum Classic (ETC). Ethereum menyediakan mesin virtual Turing-complete terdesentralisasi, Ethereum Virtual Machine (EVM). Keduanya bisa menjalankan skrip menggunakan jaringan node publik.

Dalam blockchain ini ditetapkan ‘Gas’, sebuah mekanisme penetapan harga transaksi internal untuk mengurangi spam dan mengalokasikan sumber daya jaringan. Gas akan dibayar menggunakan Ether dari setiap akun yang melakukan transaksi. Alamat Ethereum terdiri dari awalan ‘0x’ sebagai tanda pengenal umum berupa heksadesimal. Kombinasi ini digabungkan dengan 20 byte Keccak-256 dari public key ECDSA.

Apa Itu Ether?

Bagaimana dengan Ether, mengapa banyak orang menginginkan crypto ini? Ether adalah cryptocurrency yang berasal dari platform Ethereum dengan simbol ETH. Ether dapat ditransfer antar akun dan digunakan untuk mengkompensasi Node komputasi penambangan.

Baca juga: Wallet Ethereum Terpercaya Dan Terbaik

Vitalik memilih nama Ethereum dan Ether setelah membaca artikel website tentang unsur dan fiksi ilmiah, yaitu Ether Wikipedia. Menurutnya, kata ini mengacu pada medium tidak terlihat yang menembus alam semesta dan memungkinkan cahaya bergerak. Dari sinilah sejarah pertama kali penyebutan Ether yang kemudian digunakan sebagai mata uang kripto utama Ethereum.

Pertumbuhan nilai jual Ethereum selama tahun 2017 mencapai lebih dari 13,000 persen. Kenaikan harga jual kripto utama blockchain Ethereum ini telah membuat banyak orang ikut bergabung kedalam komunitasnya. Baik penambang dan pengembang software, bersama-sama membangun komunitas. Saat ini ribuan token dihasilkan dari platform Ethereum, dan puluhan dApps telah dirilis ke publik.

Baca juga: Cara Menggunakan Myetherwallet

Perlu disadari, banyak orang yang salah mengirimkan token Ethereum ke wallet Ether (ETH). Token yang berjalan diatas platform Ethereum umumnya menggunakan wallet ERC20 dan ERC721. Tidak semua wallet ETH mendukung penyimpanan token ini. Untuk token biasanya menggunakan platform MyEtherWallet, disini kita bisa menyimpan ETH, token ERC20 dan ERC721.

Nah, penjelasan ini setidaknya sudah menerangkan cukup jelas tentang apa itu Ethereum dan Ether. Sangat jelas beda keduanya, Ethereum adalah blockchain dan Ether (ETH) adalah mata uang utamanya. Dan belum tentu wallet ETH bisa menyimpan token ERC20 dan ERC721.

Sumber: Apa Itu Ether? Cryptocurrency Blockchain Ethereum

About DCoin

DCoin diterbitkan oleh crypto blogger, penambang kecil, pemerhati junior, sekaligus memperkenalkan teknologi blockchain kepada publik. Trik dan tips mining PoW dan PoS, dan strategi perdagangan kripto. Ikuti terus ulasan kami untuk mengetahui lebih lanjut tentang tren kripto, dan bagaimana menciptakan ekosistem blockchain menjadi positif untuk masyarakat luas.

Baca Juga

Perbedaan ICO Dan ITO

Perbedaan ICO Dan ITO, Kenali Penawaran Keduanya

Adakah perbedaan ICO dan ITO? Banyak orang yang menganggap keduanya sama saja, dan ini memang …