Senin , Oktober 22 2018
Home / Akademi Bitcoin / Casper Ethereum, Proof of Stake Efisien Dan Hemat Energi
Casper Ethereum

Casper Ethereum, Proof of Stake Efisien Dan Hemat Energi

Ethereum baru saja mengalami pembaharuan blockchain pada pertengahan Juni 2018. Sharding dan Casper diluncurkan bersama, sebuah lompatan tak terduga yang selama ini ditunggu-tunggu komunitas. Casper dirilis pada sidechain dan untuk mendukung rilis simultan, bukan sebagai kontrak cerdas. Nah, bagi yang belum memahami apa itu Casper Ethereum PoS, berikut penjelasan singkatnya.

PoW dan PoS, merupakan protokol konsensus umum, tetapi Proof of Stake (PoW) ditahun 2018 mulai dianggap usang. Awalnya Ethereum menggunakan metode Proof of Work (PoW), sebuah algoritma yang digunakan oleh beberapa kripto untuk mencapai kesepakatan. Metode ini juga digunakan oleh kripto Bitcoin, Litecoin, cryptonote, dan lainnya. PoW dirancang untuk menciptakan kesepakatan terdesentralisasi antara node yang berbeda dengan menambahkan blok tertentu ke blockchain. Dan mengapa Ethereum pindah ke lain hati, mengadopsi algoritma Proof of Stake?

Proof of Stake (PoS) adalah metode konsensus alternatif untuk menemukan Node yang berbeda dalam mencapai kesepakatan. PoS tidak membutuhkan energi listrik yang dianggap boros dan ramah lingkungan untuk membuat kripto. Metode ini juga tidak memerlukan keahlian menambang seperti PoW, siapapun bisa melakukannya cukup mudah. Metode bagi hasil dalam PoS berdasarkan jumlah koin yang tersimpan. Semakin banyak menginvestasikan kripto, maka semakin besar mendapatkan bagi hasil yang optimal.

PoS ini mirip dengan dengan undian, semakin banyak menyimpan tiket maka semakin besar kesempatan mendapatkan reward. Tidak ada pilih kasih, yang memiliki koin sedikitpun tetap berkesempatan mendapatkan reward. Berbeda dengan PoW, siapa yang memiliki hardware kelas tinggi, maka dia yang paling banyak mendapatkan reward.

Mengenal Casper Ethereum

Lalu, algoritma PoS apa yang digunakan blockchain Ethereum? Casper mengacu pada algoritme konsensus jangka panjang Ethereum yang sebelumnya sudah direncanakan. Algoritma ini menjanjikan efisiensi energi dan egaliter dibandingkan PoW yang saat ini masih terus digunakan. Sementara Sharding yang dirilis bersamaan akan menjadi solusi generasi selanjutnya untuk sistem yang mendukung transaksi berjumlah besar.

Apa itu Casper? Untuk mengenal Casper lebih dalam, kita lihat dahulu sejarah sebelum diluncurkannya Casper Ethereum. Casper adalah turunan dari Ghost atau Greedy Heaviest Observed Subtree, yang dirilis pada tahun 2013. Protokol ini mendukung sentralisasi, jaringan cepat yang disebut Orphan.

Baca juga: Sistem Kerja Teknologi Blockchain, Ini Penjelasannya

Mengapa PoW dianggap tidak praktis dan usang oleh komunitas Ethereum? PoW sangat jelas boros energi, penambang dengan hardware spesifikasi tinggi yang akan mendapatkan reward. Perlahan-lahan, ini mengikis sentralisasi jaringan dan membuka port keamanan yang rentan secara perlahan. Kompetisi ini sudah tidak asing lagi dikalangan penambang, siapa yang bermodal besar maka dia akan meraih keuntungan.

Protokol Casper Ethereum merupakan sebuah algoritma Proof of Stake, validator penyimpan kedalam Smart Contract. Casper menjalankan Node yang berpartisipasi dalam algoritma konsensus yang bertujuan membuat blok baru. Casper akan membuat jaringan tetap berjalan, memberikan akuntabilitas dengan cara mendeteksi pelanggaran. Dan mengetahui validator mana saja yang melanggar aturan dan menghukumnya.

Deposit Casper Ethereum PoS

Casper Ethereum dianggap sebagai modul independen dan berjalan diatas mekanisme yang sebelumnya digunakan dalam PoW. Jelasnya begini, Casper ini akan berada diatas mekanisme PoW yang sudah ada, sehingga membuatnya menjadi sistem hibrida PoW-PoS. Nah, berapa nilai minimal investasi Casper PoS?

Baca juga: 4 Alat Mining Monero Mudah Digunakan, Hasil Maksimal

Deposit bersifat sementara, bukan permanen dan bisa berhenti kapanpun. Untuk mendapatkan 50 ETH pertahun, setidaknya nilai deposit sebesar 1000 ETH. Dengan kata lain, keuntungan yang diperoleh dalam algoritma PoS berkisar 5% pertahun. Menurut pengembang, PoS bisa meningkatkan sistem 27 kali lebih aman dibandingkan PoW dengan biaya yang sama.

About DCoin

DCoin diterbitkan oleh crypto blogger, penambang kecil, pemerhati junior, sekaligus memperkenalkan teknologi blockchain kepada publik. Trik dan tips mining PoW dan PoS, dan strategi perdagangan kripto. Ikuti terus ulasan kami untuk mengetahui lebih lanjut tentang tren kripto, dan bagaimana menciptakan ekosistem blockchain menjadi positif untuk masyarakat luas.

Baca Juga

Analisis Pasar Berbasis Kecerdasan Buatan

Analisis Pasar Berbasis Kecerdasan Buatan TradeRiser Segera Rilis

Sejak munculnya bitcoin sebagai salah satu pertukaran dengan nilai jual tinggi, banyak orang mulai tertarik …