Selasa , Agustus 14 2018
Home / Blockchain / Boeing Kembangkan Pesawat Tanpa Awak ‘Pintar’ Berbasis Blockchain
Boeing Kembangkan Pesawat Tanpa Awak

Boeing Kembangkan Pesawat Tanpa Awak ‘Pintar’ Berbasis Blockchain

Baru-baru ini, Boeing menyatakan persiapan mereka untuk ikut serta dalam meramaikan teknologi blockchain. Menurut informasi yang diterbitkan pres rilis Boeing, teknologi blockchain akan diaplikasikan kedalam pembuatan pesawat. Proyek menjelaskan bahwa Boeing kembangkan pesawat tanpa awak akan dilengkapi dengan kecerdasan buatan (AI) dan blockchain.

Proyek ini merupakan salah satu yang terbesar dalam sejarah industri penerbangan. Pesawat tanpa pilot atau Unmanned Aircraft System Traffic Management (UTM). Proyek ini bukan seperti pesawat intai yang umumnya kita lihat dalam militer. Tetapi teknologinya jauh lebih tinggi karena dilengkapi dengan kecerdasan buatan. Autonomous tidak hanya pada mobil, tetapi kali ini akan diaplikasikan kedalam pesawat udara.

Boeing Kembangkan Pesawat Tanpa Awak

Menurut informasi, perusahaan SparkCognition yang berada di Texas telah mendapat pendanaan dari Boeing sebesar 32 juta dolar AS. Boeing dan SparkCognition akan menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan teknologi blockchain untuk melacak kendaraan udara tanpa awak dalam penerbangan. Juga akan mengalokasikan koridor lalu lintas dan rute untuk memastikan transportasi yang aman.

Selain itu, kerjasama ini juga akan membuat program standar untuk mendukung pengiriman paket, inspeksi industri, dan aplikasi komersial lainnya. Proyek ini merupakan peluang mobilitas udara perkotaan yang akan mengarah pada penciptaan pasar baru terbesar senilai 3 triliun dolar AS.

Untuk membantu memajukan UTM dan generasi selanjutnya, serta mengembangkan ekosistem transportasi. Boeing akan mendirikan organisasi baru yang diberi nama Boeing NeXt. Wadah ini akan digunakan untuk penelitian dan pengembangan Boeing. Selain itu juga digunakan untuk investasi di bidang lain, seperti penerbangan autonomous dan penggerak canggih.

Baca juga: Perkembangan Stellar 2018, Sertifikasi Blockchain Syariah

Kecerdasan buatan akan fokus pada pemodelan ‘smart city’ dan mengeksplorasi peluang pasar baru sebagai solusi transportasi di masa depan. Bayangkan, jika ratusan pesawat tanpa awak mini mengantar paket ke setiap rumah dengan sendirinya. Bahkan tidak hanya barang, Boeing NeXt juga merencanakan proyek UMT untuk pesawat penumpang.

Portofolio Boeing NeXt meliputi pesawat penumpang hipersonik, kenderaan lepas landas dan pendaratan listrik (eVTOL). Transportasi muatan on-demand dan perjalanan udara perkotaan. Sebentar lagi kita akan melihat dunia autonomous, dimana seluruh benda yang bergerak tanpa pengendara.

About DCoin

DCoin diterbitkan oleh crypto blogger, penambang kecil, pemerhati junior, sekaligus memperkenalkan teknologi blockchain kepada publik. Trik dan tips mining PoW dan PoS, dan strategi perdagangan kripto. Ikuti terus ulasan kami untuk mengetahui lebih lanjut tentang tren kripto, dan bagaimana menciptakan ekosistem blockchain menjadi positif untuk masyarakat luas.

Baca Juga

Analisis Pasar Berbasis Kecerdasan Buatan

Analisis Pasar Berbasis Kecerdasan Buatan TradeRiser Segera Rilis

Sejak munculnya bitcoin sebagai salah satu pertukaran dengan nilai jual tinggi, banyak orang mulai tertarik …