Senin , Desember 10 2018
Home / Blockchain / Cello Square, Platform Logistik Samsung Berbasis Blockchain
Cello Square, Samsung

Cello Square, Platform Logistik Samsung Berbasis Blockchain

Kabar bagus dari vendor raksasa elektronik asal Korea Selatan, Samsung mengumumkan segera meng-implementasi teknologi blockchain. Dalam press rilis Samsung yang diterbitkan pada 20 Juni 2018, Samsung akan menggunakan teknologi blockchain untuk platform logistik. Platform diberi nama Cello Square 3.0, sebuah gagasan dari anak perusahaan Samsung SDS.

Menurut informasi yang diterima, platform Cello akan menggunakan kecerdasan buatan (AI) dan “logistics knowhow”. Kim Hyung-tae, wakil presiden divisi bisnis logistik Samsung SDS mengatakan bahwa Samsung akan memberikan layanan kepada penjual global E-commerce dengan Cello Square 3.0. Platform ini menggabungkan teknologi IT mutakhir dengan pengalaman operasional Samsung SDS global logistic.

Samsung SDS menandatangani perjanjian bisnis yang menghubungkan informasi logistik IBK Industrial Bank dan Cello Square 3.0 dengan sistem pembayaran ekspor. Kerjasama ini memungkinkan pengekspor melaporkan logistik setelah mengonfirmasi deposit, sehingga memungkinkan transaksi yang aman.

Platform Cello Square 3.0

Cello Square baru saja lahir, dan merupakan proyek terbaru yang keluar dari percobaan blockchain SDS. Perusahaan awal bulan ini telah mengumumkan platform keuangan blockchain yang disebut Nexfinance. Ini sangat diperlukan perusahaan besar untuk melancarkan logistik produknya. Sama seperti DHL dan FedEx, yang sebelumnya juga mengumumkan akan segera mengadopsi teknologi blockchain. Teknologi ini digunakan untuk meningkatkan keamanan, efisiensi kerja dan mengurangi biaya operasional.

Baca juga: Fujitsu Blockchain Retail Diluncurkan Untuk Reward Konsumen

Penerapan teknologi blockchain dikalangan perusahaan raksasa, tentunya berdampak pada peningkatan keamanan yang tidak dapat dimodifikasi atau dicuri. Sistem ini akan membuktikan dari mana kargo itu berasal dan juga meningkatkan keandalan produk. Adanya penerapan ini tentunya Samsung telah menargetkan penghematan biaya dan pengiriman data yang cepat serta akurat.

Tetapi press rilis Samsung tidak menyebutkan, kapan jadwal Cello dirilis. Dalam proyek percontohan menggunakan teknologi blockchain, pembeli bisa mudah memeriksa berbagai informasi. Misalnya negara pengekspor, nama perusahaan eksportir ataupun importir. Dan riwayat distribusi dari smartphone ke NFC (komunikasi nirkabel jarak dekat) yang tercantum pada impor barang mewah.

Baca juga: Kayuh Sepeda Hasilkan Mata Uang Kripto Senilai 25 Dolar

Platform CelloSquare 3.0 akan meningkatkan kenyamanan dengan menyediakan layanan pelacakan seluler. Tampilan ini disuguhkan secara Live, yang memungkinkan pengguna akhir untuk melihat informasi tentang pesanan, status pengiriman, dan lainnya. Selain itu, Samsung SDS akan menyediakan layanan Premium yang memprediksi volume pengirim dan menyarankan pengurangan biaya logistik. Caranya dengan menganalisis informasi penjualan dan permintaan, juga pola biaya logistik berdasarkan machine learning.

About DCoin

DCoin diterbitkan oleh crypto blogger, penambang kecil, pemerhati junior, sekaligus memperkenalkan teknologi blockchain kepada publik. Trik dan tips mining PoW dan PoS, dan strategi perdagangan kripto. Ikuti terus ulasan kami untuk mengetahui lebih lanjut tentang tren kripto, dan bagaimana menciptakan ekosistem blockchain menjadi positif untuk masyarakat luas.

Baca Juga

Alibaba Uji Blockchain

Alibaba Uji Blockchain, Pengiriman 3 Detik Per Transaksi

Raksasa perusahaan B2B baru saja menyatakan kesiapannya untuk mengadopsi teknologi blockchain. Melalui anak perusahaan Alibaba …