Senin , Desember 10 2018
Home / Blockchain / EOS, Blockchain 3.0 Pesaing Ethereum Diluncurkan Juni 2018
EOS Blockchain

EOS, Blockchain 3.0 Pesaing Ethereum Diluncurkan Juni 2018

EOS Blockchain baru saja diluncurkan secara publik pada 9 Juni 2018, berdasarkan hasil pemungutan suara sehari sebelumnya. Sistem ini dikabarkan banyak kalangan sebagai salah satu generasi terbaru Blockchain 3.0 yang akan menandingi blockchain Ethereum. Harga token melonjak drastis sejak diluncurkan pada tahun lalu.

EOSIO merupakan token kripto sekaligus blockchain yang diklaim beroperasi dengan platform smart contract untuk aplikasi terdesentralisasi dan otonom. Blockchain ini dibangun dengan tujuan agar menjadi sistem operasi terdesentralisasi yang mendukung aplikasi berskala industri. EOS menghilangkan biaya transaksi dan mampu menangani jutaan transaksi per detik. EOS dikerjakan sebagai proyek jangka panjang dibawah perusahaan Block.one yang berada di Cayman Island.

Proyek ini dilatar belakangi oleh penggerak kripto ternama, Daniel Larimer, seorang Chief Technology Officer. Dia dikenal sebagai pengembang Bitshares, Steemit, platform sosmed terdesentralisasi. Awalnya, block.one menawarkan token EOS kepada publik pada bulan Juni 2017 dan berhasil mengumpulkan dana lebih dari 700 juta dolar AS. Hingga awal Juni 2018, penjualan token EOSIO memecahkan rekor terbesar dalam penjualan ICO. Total keseluruhan penjualan token mencapai 4 miliar dolar AS, dengan nilai kapitalisasi sebesar 12,8 miliar AS.

EOS Blockchain 3.0 Diluncurkan

Press release dari EOSIO sebelumnya juga menyebutkan, sejak 2 Juni 2018, pukul 21:59:59 UTC. Seluruh token EOS dibekukan di blockchain EOS dan siapapun tidak lagi bisa mendaftarkan address EOS. Pembekuan ini sesuai dengan yang direncanakan oleh Block.one dan dinyatakan dalam FAQ resmi mereka.

Menurut informasi resmi dari public release twitter EOS, blockchain diluncurkan pada 9 Juni, berdasarkan hasil pemungutan suara yang berlangsung pada 8 Juni. Berita peluncuran blockchain muncul seminggu pengembang Block.one merilis protokol versi 1.0 ke publik. Software EOSIO memang dirancang untuk membangun bisnis ditingkat perusahaan dan berbasis komunitas. Juga akan digunakan untuk membangun aplikasi berbasis blockchain skalabel.

Berbagai praktisi beranggapan, bahwa EOSIO akan bersaing dengan Ethereum (ETH). Protokol ini direncanakan akan membangun aplikasi terdesentralisasi (Dapps). Seminggu sebelum peluncuran blockchain, EOSIO telah menerima pendanaan baru sebesar 50 juta dolar AS. Dan dihari yang sama, Block.one merilis EOSIO 1.0 untuk mendukung pengembangan ekosistem EOSIO. Dana ini berasal dari investor blockchain, SVK Crypto yang berbasis di London.

About DCoin

DCoin diterbitkan oleh crypto blogger, penambang kecil, pemerhati junior, sekaligus memperkenalkan teknologi blockchain kepada publik. Trik dan tips mining PoW dan PoS, dan strategi perdagangan kripto. Ikuti terus ulasan kami untuk mengetahui lebih lanjut tentang tren kripto, dan bagaimana menciptakan ekosistem blockchain menjadi positif untuk masyarakat luas.

Baca Juga

EOSIO

EOSIO, Komponen Penting Ekosistem EOS DApps Dan DPoS

Apa itu EOSIO? EOS adalah salah satu kripto berbasis blockchain pada dasarnya bekerja seperti Ethereum. EOSIO …