Senin , Oktober 22 2018
Home / Blockchain / Mastercard Paten-kan Blockchain Untuk Amankan Pembayaran
mastercard

Mastercard Paten-kan Blockchain Untuk Amankan Pembayaran

Berita bagus datang dari Mastercard yang baru saja mengajukan paten untuk sistem blockchain. Perusahaan ini menilai, bahwa dengan adanya blockchain akan menciptakan pembayaran yang lebih aman dan cepat. Mastercard mengambil langkah tepat dalam menyikapi persaingan Fintech menjelang persaingan ketat blockchain di awal tahun 2020. Dengan adanya langkah baru Mastercard paten-kan blockchain, pastinya akan membantu perkembangan kripto di masa depan.

Mastercard membutuhkan solusi teknologi untuk ‘memungkinkan’ sistem kredensial pembayaran ke perangkat penjualan. Tetapi sistem ini juga membutuhkan partisipasi konsumen, dan tetap mempertahankan tingkat keamanan yang tinggi. Terlebih dalam hal skimming, tindak kejahatan yang bisa menarik kredensial pembayaran dari instrumen pembayaran.

Mastercard mencatat adanya kerentanan pada perangkat transmisi nirkabel kredensial pembayaran, dan mengklaim bahwa mereka tunduk pada intersepsi. Tetapi dengan menerapkan blockchain, maka perusahaan bertujuan mengaktifkan cara aman menerapkan kredensial pembayaran yang juga melibatkan partisipasi minimal oleh konsumen. Aplikasi blockchain dari Mastercard ditujukan untuk memecahkan tantangan teknis.

Mastercard Paten-kan Blockchain

Menurut informasi yang dikeluarkan oleh US Patent dan Trademark Office USPTO, pengajuan paten Mastercard dirilis pada 7 Juni 2018. Aplikasi paten ini dijuluki “Method And System For Payment Card Verification Via Blockchain”. Sistem yang dibangun akan membantu pengiriman uang melalui blockchain publik. Dan pengambilan proses pembayaran untuk memverifikasi dan mengamankan informasi pengguna.

Dalam dokumen paten yang dirilis Mastercard, proses enkripsi ini mengkodekan informasi kartu dan menyimpannya di blockchain. Proses ini terjadi setelah key publik dan private diterbitkan. Ketika kartu digunakan untuk pembelian, maka permintaan pengambilan diproses. Setelah itu, sistem akan menggunakan key untuk memecahkan kode dan memverifikasi informasi kartu.

Dengan adanya blockchain yang dipatenkan, dan mungkin segera akan digunakan Mastercard, maka akan berdampak pada perkembangan kripto. Dengan membangun blockchain, maka akan mampu menjalankan keseluruhan jaringan. Bisa saja dikedepannya, kita tidak lagi menyetorkan uang melalui bank lokal untuk membeli kripto. Tetapi jauh lebih mudah menggunakan Mastercard hanya dengan sekali klik.

Setelah rilis blockcahin dari Fujitsu, kartu seperti ini juga sudah lama dinantikan untuk menghubungkan blockchain dan sistem tradisional. Langkah yang sangat tepat diambil oleh Mastercard paten-kan blockchain. Di AS sendiri sudah ada kartu ATM yang bisa mencairkan BTC, tetapi untuk sekala internasional masih menunggu regulasi bank lokal.

About DCoin

DCoin diterbitkan oleh crypto blogger, penambang kecil, pemerhati junior, sekaligus memperkenalkan teknologi blockchain kepada publik. Trik dan tips mining PoW dan PoS, dan strategi perdagangan kripto. Ikuti terus ulasan kami untuk mengetahui lebih lanjut tentang tren kripto, dan bagaimana menciptakan ekosistem blockchain menjadi positif untuk masyarakat luas.

Baca Juga

Wallet Ethereum Terpercaya

Wallet Ethereum Terpercaya, Terbaik Untuk Dekstop Dan Ponsel

Ethereum saat ini banyak disimpan pengguna dibeberapa aplikasi, baik diakses melalui desktop ataupun PC. Tetapi …