Selasa , Agustus 14 2018
Home / GPU-CPU / 5 XMR Mining Software Pendongkrak Penambangan CryptoNight
5 XMR Mining Software

5 XMR Mining Software Pendongkrak Penambangan CryptoNight

Mudahnya menambang koin Monero (XMR) membuat banyak orang tertarik untuk mendapatkan dari perangkat yang dimiliki. Koin ini menggunakan algoritma cryptonight, sehingga memungkinkan ditambang hanya dengan menggunakan laptop, CPU biasa, GPU, dan smart phone. Setidaknya ada 5 XMR mining software yang mendukung agar kita bisa dengan mudah menambangnya.

Ada beberapa software ataupun script yang bisa kita manfaatkan untuk penambangan Monero. Beberapa diantaranya sangat populer digunakan penambang kecil maupun farming. XMR mining software bisa diunduh secara gratis dari perangkat komputer dan bisa langsung digunakan. Cara menggunakannya juga cukup mudah, bahkan pemula sekalipun dipastikan bisa memasangnya.

Inilah 5 XMR Mining Software

Monero merupakan salah satu koin cryptonote yang bisa ditambang dengan perangkat apapun, sepanjang terhubung dengan internet. Apa saja aplikasi dan script yang digunakan untuk penambangan Monero dan koin cryptonight? Beberapa XMR mining software dan script berikut ini bisa disesuaikan dengan perangkat Anda.

1. XMR-Stak

XMR-Stak merupakan salah satu software dengan fitur bagus untuk penambangan cryptonight. Salah satunya dengan monitoring browser yang bisa diakses dengan jaringan lokal. Software ini akan mengambil seluruh daya komputasi, prosesor dan kartu grafis yang terpasang.

Developer fee berkisar 1-5% langsung akan mengalihkan pool sementara. Fee ini bisa dihilangkan, tetapi harus meng-compile sendiri. Jika hanya ingin menggunakan GPU, maka kita harus mengubah script CPU secara manual. Software ini open source, unduh langsung di XMR-Stak Github.

2. XMRig AMD/NVidia

Software ini juga banyak digunakan untuk penambang GPU AMD/NVidia dan sangat powerfull. Developer fee rendah berkisar 1%, dan cara menggunakannya juga mudah. Fee software ini tidak bisa diubah seperti XMR-Stak dan hanya menggunakan daya komputasi GPU. Untuk penambangan dengan CPU, software ini bisa ditemukan secara terpisah. XMRig bisa diunduh langsung di github XMRig AMD dan XMRig NVidia.

3. Claymore Cryptonote AMD GPU

XMR mining software yang satu ini mengenakan developer fee 1% jika menggunakan jaringan SSL/TLS, dan 1,5% untuk jaringan biasa. Hampir sama dengan XMRig, tetapi software ini mempunyai beberapa fitur menarik. Tidak banyak yang menggunakan software ini, tetapi bisa mencobanya dan unduh melalui website Bitcointalk.

4. Cast XMR

Cast XMR merupakan software handal untuk menambang cryptonight, high speed CryptoNight miner untuk pengguna Radeon RX Vega. Walaupun fitur tidak selengkap seperti XMR-Stak, software ini dianggap paling cepat dan bagus untuk memaksimalkan daya komputasi. Cast XMR bisa diunduh langsung di Gandalph.

5. Minergate Miner

Walaupun software mining yang dirilis Minergate digunakan untuk menambang koin yang ada di pool mereka. Ternyata software ini juga bisa digunakan untuk menambang koin di pool lain. Minergate sangat cocok untuk pengguna awam yang tidak ingin direpotkan dengan setting manual. XMR mining software ini paling banyak digunakan penambang Monero pemula karena praktis. Bagi yang ingin menambang dengan software ini, daftar langsung ke: Minergate.

Baca juga: Cara Menggunakan Minergate Di PC, Laptop Dan Ponsel

Nah, dari kelima software diatas hanya ada 4 software yang mengenakan developer fee. Sementara Minergate tidak mengenakan fee sama sekali, tetapi menerapkan pool fee dengan tarif rendah 1%. Misalnya, jika menggunakan XMRig dikenakan developer fee 1% ditambah pool fee berkisar 0,5-1%. Bagi yang tidak ingin dipotong dengan fee developer, dan mudah menggunakan XMR mining software. Sebaiknya beralih menggunakan Minergate.

Baca juga: Cara Mining Monero, CryptoNote, Dengan GPU Dan CPU

Apa itu developer fee? Software yang menerapkan dev fee ditujukan untuk pengembang yang menciptakannya. Kita tidak perlu membayar, tetapi akan menyumbangkan daya komputasi selama beberapa detik. Misalnya, dev fee 1% akan mengalihkan pool secara otomatis selama 1 menit setiap 100 menit. Fee yang diperoleh dari 5 XMR mining software digunakan untuk membantu pengembangan aplikasi selanjutnya.

About DCoin

DCoin diterbitkan oleh crypto blogger, penambang kecil, pemerhati junior, sekaligus memperkenalkan teknologi blockchain kepada publik. Trik dan tips mining PoW dan PoS, dan strategi perdagangan kripto. Ikuti terus ulasan kami untuk mengetahui lebih lanjut tentang tren kripto, dan bagaimana menciptakan ekosistem blockchain menjadi positif untuk masyarakat luas.

Baca Juga

Apa Itu Bitcoin Mining

Apa Itu Bitcoin Mining, Penambangan VGA, FPGA Dan ASIC?

Bitcoin merupakan mata uang digital kripto yang diluncurkan pertama kali sekaligus menjadi induk cryptocurrency. Walaupun …