Kamis , Agustus 16 2018
Home / GPU-CPU / 7 Motherboard Mining Terbaik Menambang Cryptocurrency
7 Motherboard Mining Terbaik

7 Motherboard Mining Terbaik Menambang Cryptocurrency

Sudah pasti untuk menambang diperlukan motherboard yang berkualitas dan mampu mendukung lebih dari 3 GPU (Graphics Processing Unit). Umumnya penambang pemula hanya menggunakan minimal 3 GPU. Tetapi untuk meningkatkan jumlah GPU diperlukan motherboard khusus yang bisa menampung maksimal 20 unit sekaligus. Inilah 7 motherboard mining terbaik yang bisa digunakan untuk menambang tahun 2018-2019.

Apa itu GPU? GPU (Graphics Processing Unit) adalah sirkuit elektronik yang dirancang untuk memanipulasi dan mengubah memori dengan cepat untuk mempercepat pembuatan gambar. Jika belum familiar dengan sebutan GPU, nama lain juga disebut VGA (Video Graphics Adapter) card. Saat ini, teknologi GPU telah digunakan dalam sistem embedded, ponsel, komputer pribadi, workstation, dan konsol game.

Awalnya, istilah GPU dipopulerkan oleh Nvidia pada tahun 1999 yang kemudian memasarkan produk GeForce 256 sebagai GPU pertama dunia. Menyusul saingan ATI Technologies menciptakan istilah VPU (Visual Processing Unit) dengan rilis Radeon 9700 pada tahun 2002. Kemudian, berbagai vendor mulai mendukung pembuatan motherboard dengan pemrosesan multi GPU.

7 Motherboard Mining Terbaik

GPU awalnya digunakan untuk rendering games agar tampilan gambar semakin halus. Kemudian setelah Bitcoin dan blockchain mulai terkenal, GPU digunakan untuk pemrosesan algoritma dengan satuan Hash Rate. Lalu, motherboard apa saja yang saat ini menjadi idola para penambang agar hasil yang diperoleh bisa maksimal? Berikut jajaran mainboard yang saat ini laris dipasaran:

  1. Asus H370 Mining Master. Akhir Mei 2018, vendor ini baru saja mengeluarkan produk terbaru untuk mining expert. Mainboar ini mendukung 20 GPU sekaligus untuk socket LGA 1151, Intel 8th Gen Core/Pentium/Celeron.
  2. Asus B250 Mining Expert. Motherboard mining terbaik ini sudah dipasarkan sejak tahun lalu, yang mendukung pemrosesan 19 GPU. Mendukung socket 1151, Processors Gen 7th dan 6th, Intel Core i7/i5/i3/Pentium/Celeron.
  3. ASRock H110 Pro BTC+. ASRock juga tampaknya tidak mau kalah, vendor ini mendukung penambang dengan mainboard yang mendukung 13 GPU. Support untuk socket LGA 1151, Intel 8th Gen Core/Pentium/Celeron.
  4. Biostar TB250-BTC Pro. Dari vendor Biostar juga mengeluarkan mainboard terbaiknya yang mendukung 12 GPU. Support untuk socket LGA 1151, Intel Core i7/i5/i3/Intel Pentium/ Intel Celeron.
  5. MSI Z170A Gaming Pro Carbon. Tidak ketinggalan MSI, vendor ini mengeluarkan produk khusus mining yang mendukung 7 GPU. Support untuk socket LGA 1151, Intel Core i7/i5/i3/Intel Pentium/ Intel Celeron.
  6. Asus ROG Strix Z270E. Asus tampaknya memang benar-benar mendukung penambang kripto, vendor ini juga mengeluarkan produk yang mendukung 7 GPU. Support untuk socket LGA 1151, Intel Core i7/i5/i3/Intel Pentium/ Intel Celeron.
  7. Gigabyte GA-H110-D3A. Beralih ke Gigabyte, vendor ini mengeluarkan produk yang mendukung 6 GPU. Support untuk socket LGA 1151, Intel Core i7/i5/i3/Intel Pentium/ Intel Celeron.

Baca juga: VGA Mining Ethereum Terbaik, Hash Rate Maksimal

Dari 7 motherboard mining terbaik diatas mendukung untuk penambangan Bitcoin, Ethereum dan altcoin lainnya. Tetapi perlu digaris bawahi, beberapa mainboard diatas tidak semuanya masuk ke pasar Indonesia. Sebagian belum, termasuk Asus H370 Mining Master masih berada di pasar Amrika. Kebanyakan penambang membelinya dengan cara pemesanan online.

About DCoin

DCoin diterbitkan oleh crypto blogger, penambang kecil, pemerhati junior, sekaligus memperkenalkan teknologi blockchain kepada publik. Trik dan tips mining PoW dan PoS, dan strategi perdagangan kripto. Ikuti terus ulasan kami untuk mengetahui lebih lanjut tentang tren kripto, dan bagaimana menciptakan ekosistem blockchain menjadi positif untuk masyarakat luas.

Baca Juga

Analisis Pasar Berbasis Kecerdasan Buatan

Analisis Pasar Berbasis Kecerdasan Buatan TradeRiser Segera Rilis

Sejak munculnya bitcoin sebagai salah satu pertukaran dengan nilai jual tinggi, banyak orang mulai tertarik …