Selasa , Oktober 16 2018
Home / GPU-CPU / Alat Penambang Bitcoin Terbaik Dan Tercepat Saat Ini
Alat Penambang Bitcoin Terbaik

Alat Penambang Bitcoin Terbaik Dan Tercepat Saat Ini

Bagi yang ingin menambang bitcoin, sebaiknya berfikir dua kali sebelum benar-benar terjun kedalamnya. Penambangan bitcoin masih bisa menguntungkan jika tarif listrik murah dan mempunyai alat penambang bitcoin terbaik serta paling efisien. Dalam beberapa bulan terakhir, penambangan bitcoin termasuk kompetitif dan dianggap tidak ideal bagi kebanyakan orang. Tidak seperti di China, taris listrik murah membuat negara ini mendominasi pertambangan bitcoin.

Beberapa praktisi memperkirakan bahwa membeli bitcoin merupakan pilihan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan menambangnya. Pilihan ini merupakan investasi jangka panjang, dibeli ketika harga sedang turun. Memang pada awalnya, bitcoin ditambang melalui CPU biasa. Kemudian memperbaharui sitem dengan memanfaatkan kartu grafis. Setelah kartu grafis, kemudian muncul teknologi baru yang jauh lebih unggul, disebut ASIC (Application Specific Integrated Circuits).

ASIC saat ini menjadi alat penambang bitcoin dominan dengan biaya listrik dan operasional cukup tinggi. ASIC diatur dengan suhu rendah untuk mengurangi panas dan akses ke listrik juga berbiaya rendah. Biasanya, penambangan bitcoin memiliki generator listrik sendiri dan berada diwilayah yang dingin.

Tentunya, harga bitcoin dan tingkat kesulitan jaringan merupakan faktor utama yang akan mempengaruhi profitabilitas. Diasumsikan, kenaikan tingkat kesulitan rata-rata berkisar 0,4527678% perhari selama 6 bulan terakhir. Kebanyakan kalkulator mining tidak memasukkan pertumbuhan tingkat kesulitan ini. Sehingga perhitungan hanya berdasarkan profit penambangan saja.

Alat Penambang Bitcoin Terbaik

Apa saja alat penambang bitcoin terbaik dan efisien saat ini? Berikut beberapa hardware yang bisa dibeli dipasar.

  1. Dragonmint T16, merupakan produk ASIC pertama perusahaan Halong Mining. Kecepatan yang dihasilkan hardware ini mencapai 16 TH/s dan paling tertinggi saat ini. Hardware ini juga sangat hemat listrik berkisar 0,075 J/H. Dragonmint juga menggunakan ASICBOOST yang bisa meningkatkan efisiensi sebesar 20%. Harga terakhir dibandrol berkisar 2729 dolar AS.
  2. Antminer S7, produksi Bitmain yang berbasis di China dan juga mengoperasikan Pool mining. Hardware ini bisa menembus 4,73 TH/s dan konsumsi energi listrik berkisar 0,25 W/Gh. Harga pasar saat ini berkisar 479 dolar AS.
  3. Antminer S9, produksi Bitmain yang diklaim lebih hemat energi dibandingkan versi sebelumnya. Konsumsi listrik diperkirakan 0,098 W/Gh dengan hasrate mencapai 13,5 TH/s. Harganya saat ini dibanderol sekitar 1987 dolar AS.
  4. Avalon 6, produksi Canaan Creative yang berisi 80 chip 18nm A3218. Hashrate mampu mencapai 3,5 TH/s dengan konsumsi listrik 0,29 W/Gh. Harga pasar saat ini berkisar 500 dolar AS.

Beberapa faktor penting dalam penambangan ASIC Bitcoin diantaranya harus memastikan berapa banyak hash perdetik yang dihasilkan. Saat ini, alat penambang bitcoin yang paling efisien adalah Dragonmint. Kemudian, memastikan berapa harga jual bitcoin dipasar saat ini? Apakah cukup untuk menutupi biaya operasional penambangan bitcoin?

Baca juga: Cara Optimasi HP Android Untuk Menambang Bitcoin

Antminer S7 dan Avalon 6 jauh lebih murah, tetapi konsumsi listrik sangat besar dan perlu dipertimbangkan. Terlebih jika harga bitcoin turun drastis. Kecuali jika membangun sendiri generator listrik dari tenaga air, tenaga surya taupun angin.

About DCoin

DCoin diterbitkan oleh crypto blogger, penambang kecil, pemerhati junior, sekaligus memperkenalkan teknologi blockchain kepada publik. Trik dan tips mining PoW dan PoS, dan strategi perdagangan kripto. Ikuti terus ulasan kami untuk mengetahui lebih lanjut tentang tren kripto, dan bagaimana menciptakan ekosistem blockchain menjadi positif untuk masyarakat luas.

Baca Juga

Apa Itu Bitcoin Mining

Bitcoin Mining, Penambangan VGA, FPGA Dan ASIC?

Bitcoin merupakan mata uang digital kripto yang diluncurkan pertama kali sekaligus menjadi induk cryptocurrency. Walaupun …