Selasa , Agustus 14 2018
Home / GPU-CPU / Cara Membuat Wallet Monero Online, Full Dan Remote Node CPU
Cara Membuat Wallet Monero

Cara Membuat Wallet Monero Online, Full Dan Remote Node CPU

Monero mempunyai keluarga sendiri yang baru saja lahir tahun 2018, yang terkenal diantaranya adalah Monero (XMR), MoneroV (XMV), dan Monero Original (XMO). Yang paling umum dan diminati banyak orang saat ini adalah XMR yang tersimpan di wallet exchange. Bagaimana cara membuat wallet Monero secara online, full node ataupun dengan remote?

Monero adalah alah satu koin cryptonote yang memiliki harga jual tinggi. Banyak orang memperolehnya dengan cara mining, karena koin ini sangat mudah ditambang dengan ponsel sekalipun. Penambangannya pun tidak begitu sulit, karena aplikasi mining yang ditawarkan dengan tampilan GUI.

Cara Membuat Wallet Monero

Mengunduh master node memang tidak menyenangkan, apalagi kapasitas ruang penyimpanan komputer tidak mencukupi. Aplikasi wallet Monero yang saat ini bisa diunduh langsung dari websitenya. Program yang dirilis merupakan wallet core, dimana kita bisa menambang langsung (solo mining) langsung dari PC. Tetapi tetap terhubung dengan jaringan internet untuk sinkronisasi blockchain.

Saat ini tersedia tiga cara membuat wallet Monero terbaik, yaitu dengan web wallet yang dikelola pihak ketiga dan menginstall aplikasi wallet Monero. Cara menggunakannya sebagai berikut:

1. Web Wallet

Pembuatan wallet address Monero cukup mudah hanya dengan sekali klik. Simpan key dan address yang muncul saat pertama kali mendaftar, dan wallet ini bisa langsung digunakan. Web wallet ini dikelola oleh pihak ketiga, jika berminat bisa langsung membuat alamat baru di MyMonero.

Baca juga: Koin Yang Bisa Ditambang Smartphone Dan Perangkat Biasa

2. Master Node Wallet

Aplikasi ini akan mengunduh seluruh blockchain dari awal rilis Monero sampai hari ini. Jumlah data yang harus disinkronkan cukup besar, tetapi ada beberapa keuntungannya jika membuka node sendiri. Yaitu, bisa menambang solo dan pastinya ikut membantu menyebarkan node. Semakin banyak node, semakin bagus jaringan blockchain.

Cara lainnya, bisa mngunduh master node yangg berada di bootstrap blockchain. Simpan file blockchain(raw) kedalam folder aplikasi Monero. Kemudian buka file monero blockchain import atau langsung dengan command prompt, isikan perintah berikut:

cd D: (drive ekstrak aplikasi Monero)
monero-blockchain-import –verify 1 –input-file C:(lokasi blockchain.raw)

File raw bisa dihapus setelah selesai impor, dan buka aplikasi wallet core agar terhubung dengan jaringan. Start daemon, aplikasi wallet akan mengunduh atau sinkron ke node lain. Didalam wallet ini juga tersedia menu Solo Mining yang akan menambang langsung di komputer Anda.

Baca juga: 4 Alat Mining Monero Mudah Digunakan, Hasil Maksimal

3. Remote Node Wallet

Aplikasi wallet Monero juga menyediakan metode remote node. Dengan kata lain, kita tidak membutuhkan file blockchain yang diunduh seluruhnya ke komputer. Remote node Monero ini menggunakan node wallet lain atau pihak ketiga, cukup isikan alamat node pada menu Setting. Isikan address ‘node.moneroworld.com’ port ‘18081’ kemudian biarkan sinkron selesai.

Tetapi cara membuat wallet Monero dengan remote node tidak bisa menambang solo. Hanya mempermudah mengatur tempat penyimpanan koin Monero, mengirim dan menerima, melihat transaksi. Keuntungannya, ruang harddisk kita tidak dipenuhi oleh file blockchain.

About DCoin

DCoin diterbitkan oleh crypto blogger, penambang kecil, pemerhati junior, sekaligus memperkenalkan teknologi blockchain kepada publik. Trik dan tips mining PoW dan PoS, dan strategi perdagangan kripto. Ikuti terus ulasan kami untuk mengetahui lebih lanjut tentang tren kripto, dan bagaimana menciptakan ekosistem blockchain menjadi positif untuk masyarakat luas.

Baca Juga

Wallet Ethereum Terpercaya

Wallet Ethereum Terpercaya, Terbaik Untuk Dekstop Dan Ponsel

Ethereum saat ini banyak disimpan pengguna dibeberapa aplikasi, baik diakses melalui desktop ataupun PC. Tetapi …