Selasa , Agustus 14 2018
Home / GPU-CPU / Cara Mining Bitcoin Gold Dengan Claymore Dan EWBF
Cara Mining Bitcoin Gold

Cara Mining Bitcoin Gold Dengan Claymore Dan EWBF

Fakta yang terlihat saat ini, bahwa penambangan bitcoin sudah hampir dikuasai oleh industri besar. Sementara penambangan solo tidak mungkin bersaing dengan perangkat ASIC yang didistribusikan keseluruh dunia. Untuk menjaga bitcoin terdesentralisasi, hardfork tahun lalu melahirkan kripto baru yang disebut Bitcoin Gold (BTG). Kripto ini dibangun khusus untuk menciptakan lingkungan penambangan tradisional tetap terjaga yang menggunakan GPU. Bagaimana cara mining Bitcoin Gold dan apa saja perangkat yang diperlukan?

Bitcoin Gold diciptakan bukan untuk bersaing dengan Bitcoin, tetapi untuk menghindari kecenderungan monopoli penambangan ASIC. Harapan ini justru akan menciptakan desentralisasi dibandingkan dengan monopoli ASIC. Pengembangan Bitcoin Gold menggunakan algoritma Equihash, Proof-of-Work baru yang bisa ditambang dengan GPU agar bisa bersaing dengan sistem rig profesional.

Koin ini resmi dirilis pada 24 Oktober 2017, didirikan oleh Jack Liao. Algoritma penambangan BTG berbeda dengan BTC, dan tidak bisa dijalankan lebih cepat pada hardware khusus. Pada bulan April 2018, BTG sudah memiliki 246 node diseluruh dunia. Dan saat ini, BTG telah dijual dihampir 40 bursa kripto seluruh dunia. BTG saat ini mencapai kapitalisasi 30 besar cryptocurrency dunia, dan penambangannya juga tidak rumit.

Cara Mining Bitcoin Gold

Bagaimana cara mining Bitcoin Gold yang paling mudah? Penambangan koin ini bisa dengan mudah dilakukan di Minergate. Bahkan untuk pemulai sekalipun tidak memerlukan coding. Cukup unduh aplikasi mining BTG dan jalankan dikomputer Anda.

Berapa spesifikasi minimal untuk menambang Bitcoin Gold? Koin ini bisa ditambang setidaknya dengan satu kartu grafis 8 GB, misalnya Radeon RX480. Tingkat kesulitan penambangan koin juga tidak tinggi seperti koin lainnya. Sehingga penambangan koin ini masih dianggap menguntungkan.

Baca juga: Alat Penambang Bitcoin Terbaik Dan Tercepat Saat Ini

Bagaimana menggunakan software selain Minergate, adalah pool mining lain? Untuk menambang di pool selain Minergate, diperlukan script penambang Equihash.

  1. Untuk NVIDIA GPU, unduh EWBF Cuda Miner
  2. Untuk AMD GPU, unduh Claymores Miner

Baca juga: Casper Ethereum, Proof of Stake Efisien Dan Hemat Energi

Program ini juga bisa digunakan untuk menambang ZEC, ZCL dan Bitcoin Private. Kedua script digunakan untuk penambangan berbasis algoritma Equihash. Konfigurasi pool dan wallet bisa diganti pada file config dan epool. Untuk menjalankannya, cukup klik file batch file atau file aplication.

About DCoin

DCoin diterbitkan oleh crypto blogger, penambang kecil, pemerhati junior, sekaligus memperkenalkan teknologi blockchain kepada publik. Trik dan tips mining PoW dan PoS, dan strategi perdagangan kripto. Ikuti terus ulasan kami untuk mengetahui lebih lanjut tentang tren kripto, dan bagaimana menciptakan ekosistem blockchain menjadi positif untuk masyarakat luas.

Baca Juga

Apa Itu Bitcoin Mining

Apa Itu Bitcoin Mining, Penambangan VGA, FPGA Dan ASIC?

Bitcoin merupakan mata uang digital kripto yang diluncurkan pertama kali sekaligus menjadi induk cryptocurrency. Walaupun …