Selasa , Oktober 16 2018
Home / GPU-CPU / Cara Mining Monero, CryptoNote, Dengan GPU Dan CPU
cara mining monero

Cara Mining Monero, CryptoNote, Dengan GPU Dan CPU

Koin Monero memang dikenal sebagai kripto publik yang mampu dijangkau low-end user. Dari segi harga pun koin ini sudah cukup dihargai, dan disisi penambangan juga mudah dilakukan. Karena kemudahan inilah banyak orang sekarang mulai mencari cara mining Monero dengan GPU dan CPU. Mengingat penambangan dengan GPU dan CPU juga sangat mungkin untuk mengumpulkan koin CryptoNote.

Monero dirancang resisten terhadap penambangan ASIC. Koin ini hanya bisa ditambang dengan perangkat keras seperti prosesor x86, x86-64, prosesor ARM pada smart phone. Dan tentunya di volume besar bisa menggunakan perangkat GPU rig. Semua orang bisa saja menambang Monero hanya dengan menggunakan smart phone ataupun laptop. Nah,… bagaimana cara mining Monero dengan GPU ataupun hanya dengan bermodalkan CPU?

Sebelum menambang, sebaiknya memahami lebih dahulu algoritma Monero (XMR) yang menggunakan CryptoNote. Algoritma ini berbeda dengan bitcoin yang harus ditambang tanpa henti hingga menemukan blok berhari-hari. Monero berbeda, kita bisa menambang hanya 1 menit sekalipun.

Oleh sebab itu, banyak orang yang memasang script penambangan Monero pada website. Mengambil hash rate pengunjung web tanpa disadari hingga beberapa menit. Penambangan Monero juga bisa di-setting sehingga tidak menggunakan seluruh resource komputer. Jika memiliki prosesor dual core, Anda bisa menggunakan hanya 1 core, atau seluruhnya sekaligus.

Cara Mining Monero Dan CryptoNote

Nah, yang sering dilakukan kebanyakan orang menggunakan aplikasi praktis dalam menambang Monero. Salah satunya aplikasi yang disediakan oleh MinerGate. Buat kalian yang tidak mau ribet dan pusing, bisa langsung daftar dan download aplikasi penambang Monero di: MinerGate.

Tetapi, jika ingin menambang di pool lain yang juga bisa digunakan untuk menambang CryptoNote lain, gunakan script XMR-Rig. Script ini bisa didownload di Github, XMR-Rig digunakan untuk penambangan dengan GPU. Download disini untuk XMR-Rig NVidia & AMD. Tetapi ingat lho, menggunakan script ini maka akan mendonasikan waktu 5% (5 menit setiap 100 menit), aling kecil bisa diubah sebesar 1%. Setting pool XMR-rig bisa langsung edit di file config json.

Selain XMR-Rig, bisa juga bisa menggunakan XMR-Stak. Kebanyakan orang yang ‘Geek’ lebih menyukai XMR-Stak karena bisa dioptimasi. XMR-Stak akan menggunakan resource procesor dan GPU. Yang pertama kali dilakukan adalah menjalankan aplkasi XMR-Stak, secara otomatis akan membaca prosesor dan GPU apa saja yang terpasang.

Setelah setting pertama selesai, akan muncul file txt dengana nama pools, config, cpu, amd/nvidia. Konfigurasi yang perlu diganti adalah file pool.txt, ganti wallet address dan pool address. Setting selebihnya sudah otomatis sesuai dengan rig Anda. Unduh script disini untuk XMR-Stak AMD & Nvidia.

Penting dicatat, script ini akan sering update. Karena algoritma CryptoNote akan terus mengalami upgrade untuk menerapkan resisten terhadap ASIC. Jika update tidak dicantumkan pada halaman ini, Anda sebaiknya lihat pembaharuan di Github.

Sumber: Cara Menambang Monero Dengan GPU Dan CPU

About DCoin

DCoin diterbitkan oleh crypto blogger, penambang kecil, pemerhati junior, sekaligus memperkenalkan teknologi blockchain kepada publik. Trik dan tips mining PoW dan PoS, dan strategi perdagangan kripto. Ikuti terus ulasan kami untuk mengetahui lebih lanjut tentang tren kripto, dan bagaimana menciptakan ekosistem blockchain menjadi positif untuk masyarakat luas.

Baca Juga

Apa Itu Bitcoin Mining

Bitcoin Mining, Penambangan VGA, FPGA Dan ASIC?

Bitcoin merupakan mata uang digital kripto yang diluncurkan pertama kali sekaligus menjadi induk cryptocurrency. Walaupun …