Senin , Desember 10 2018
Home / GPU-CPU / Penghasilan Mining Bitcoin Sehari, Begini Perhitungannya
Penghasilan Mining Bitcoin Sehari

Penghasilan Mining Bitcoin Sehari, Begini Perhitungannya

Apakah menambang bitcoin dan altcoin menguntungkan? Pertanyaan ini memang sepantasnya ditelusuri, sejauh mana penghasilan mining bitcoin sehari, begitu pula dengan altcoin. Pada dasarnya, nilai tukar cryptocurrency saat ini masih berpedoman pada naik turunnya harga Bitcoin. Jika harga jual Bitcoin (BTC) naik, maka altcoin juga akan naik. Begitu juga sebaliknya, jika harga turun maka kedua koin ini bisa saja merugikan.

Bitcoin saat ini sangat sulit ditambang, hal ini disebabkan tingkat kesulitan yang terus bertambah. Semakin tinggi tingkat kesulitan maka semakin tinggi spesifikasi perangkat yang dibutuhkan. Sudah jelas, tidak mungkin menambang Bitcoin dengan komputer biasa, apalagi smart phone. Bitcoin saat ini ditambang besar-besaran oleh dua perusahaan raksasa dari Timur dan Barat. Investasi bear-besaran ini lama kelamaan akan menggusur penambang tradisional yang hanya menggunakan GPU.

Bagaimana menghitung penghasilan mining bitcoin dan altcoin? Banyak praktisi menyarankan untuk tidak menambang bitcoin jika bermodal kecil. Sebaiknya memilih untuk menambang altcoin yang nilainya setara jika ditukar dengan bitcoin. Tingkat kesulitan menambang altcoin jauh lebih kecil dan sangat memungkinkan ditambang dengan CPU ataupun GPU.

Penghasilan Mining Bitcoin Sehari

Peghasilan mining bitcoin sehari tidak bisa ditentukan karena ada beberapa faktor yang mempengaruhinya. Selain harga jual, juga ada tingkat kesulitan (difficulty), hash rate, beban listrik, pool fee, dan perawatan hardware. Jadi, berapa penghasilan sebenarnya? Saat ini sudah ada situs yang menghitung secara otomatis yang menyesuaikan semua faktor diatas. Silahkan cek langsung penghasilan mining bitcoin sehari yang sesuai dengan perangkat Anda di WhatToMine.

Menambang bitcoin membutuhkan biaya puluhan juta rupiah, itupun tidak akan bisa mendapatkan 1 BTC dalam sebulan. Terkadang bisa berbulan-bulan dan bahkan setahun lebih untuk mengembalikan modal awal. Penambangan berdasarkan tingkat kesulitan, semakin tinggi tingkat kesulitan (difficulty) maka semakin sulit menambang dengan PC biasa. Bitcoin saat ini ditambang dengan perangkat canggih dan termahal, itulah sebabnya laptop kita tidak mungkin lagi menyaingi penambang besar seperti Bitmain.

Jika perangkat penambangan bitcoin sangat mahal, artinya penambang kecil tidak mungkin mendapatkan bitcoin? Buang jauh-jauh pemikiran seperti ini, apapun perangkat yang kita miliki bisa menghasilkan bitcoin. Selain membeli, ada cara lain yang juga menambang menggunakan peralatan sederhana.

Baca juga: Trik Mining Di Eobot Agar Cepat Menambang Dan Membeli GHs

Bitcoin diperoleh tidak harus dengan menambang BTC ataupun membelinya. Kita bisa menambang koin lain, kemudian ditukar menjadi Bitcoin (BTC). Cara ini yang kini digunakan untuk PC biasa dan laptop, biaya murah dan penghasilan bertambah. Bagi kita yang hanya memiliki CPU, laptop dan ponsel smartphone, jalan terbaik adalah menambang koin Cryptonote. Algoritma cryptonote sangat memungkinkan berjalan di ponsel kelas rendah sekalipun.

Perangkat Kecil Sebaiknya Menambang Altcoin

Apa saja koin-koin yang termasuk altcoin Cryptonote? Diantaranya yang terkenal adalah Monero (XMR), Digital Note (XDN), Bytecoin (BCN), dan Electronereum (ETN). Masih banyak lagi koin-koin yang bisa ditambang dengan algoritma cryptonote, dan semuanya bisa ditukar dengan bitcoin.

Jika kita menggunakan spesifikasi minimal 3 kartu grafis memori 8GB, sudah pasti menguntungkan. Bagaimana jika mengggunakan laptop ataupun ponsel? Penambangan kripto tetap menguntungkan dan sebanding dengan modal yang kita keluarkan. Untuk membangun 1 unit komputer spesifikasi tinggi bernilai lebih dari 20 juta rupiah. Tentunya PC biasa senilai 3 juta rupiah tidak mungkin menghasilkan pendapatan yang sama.

Perhitungan singkatnya begini, jika menggunakan laptop untuk menambang di Minergate, jalankan aplikasi ini ketika sedang bekerja, misalnya saat mengetik ataupun browsing. Aplikasi ini akan menggunakan ‘resource’ komputer yang tidak terpakai dan menyesuaikan dengan sendirinya. Komputer tidak dibebani penambangan berat, caranya set aplikasi ‘CPU Mining’ menjadi 1 (jika dual core) atau 50-70% dari core prosesor Anda.

Untuk komputer biasa yang menambang, sebaiknya jangan menjalankan program sepanjang hari. Karena perhitungan akan rugi di beban biaya listrik. Cara yang benar adalah sambil bekerja seperti yang disebutkan diatas. Sekali mendayung, 2-3 pulau terlampaui. Sekali memakai listrik, kita bisa mendapatkan koin dan tugas-tugas komputer juga terselesaikan. Tehnik ini jauh lebih praktis dan tidak merugikan, dan menambah penghasilan mining bitcoin sehari.

Baca juga: Tips Dan Trik Menambang Bitcoin, Altcoin

Bermodal kecil, tetapi dengan kesabaran akhirnya hasil yang diperoleh bisa mendapatkan laptop baru dalam waktu lebih dari setahun. Mengapa begitu lama, sampai setahun lebih? Wajar, karena kita menggunakan komputer biasa, maka pendapatannya sebanding dengan modal yang kita gunakan. Jadi, satu unit komputer yang kita pakai hari ini bisa dibeli dengan koin gratis dari penambangan dalam waktu 1-2 tahun kedepan.

Baca juga: Cara Menggunakan Minergate Di PC, Laptop Dan Ponsel

Menarik bukan? Jadi tidak perlu berkecil hati jika tidak mampu membeli perangkat penambangan bitcoin yang modalnya puluhan juta. Cukup gunakan laptop atau CPU yang ada, dan perlahan-lahan di upgrade akan menambah penghasilan mining bitcoin sehari. Semua koin nilainya akan sebanding dengan nilai tukar Bitcoin dengan dasar perhitungan dari tingkat kesulitan. Bagi yang berminat menambang koin-koin cryptonote, silahkan daftar gratis di: Minergate.

About DCoin

DCoin diterbitkan oleh crypto blogger, penambang kecil, pemerhati junior, sekaligus memperkenalkan teknologi blockchain kepada publik. Trik dan tips mining PoW dan PoS, dan strategi perdagangan kripto. Ikuti terus ulasan kami untuk mengetahui lebih lanjut tentang tren kripto, dan bagaimana menciptakan ekosistem blockchain menjadi positif untuk masyarakat luas.

Baca Juga

Apa Itu Bitcoin Mining

Bitcoin Mining, Penambangan VGA, FPGA Dan ASIC?

Bitcoin merupakan mata uang digital kripto yang diluncurkan pertama kali sekaligus menjadi induk cryptocurrency. Walaupun …