Senin , Desember 10 2018
Home / GPU-CPU / Tips Dan Trik Menambang Bitcoin, Altcoin Agar Lebih Untung
Tips Dan Trik Menambang Bitcoin

Tips Dan Trik Menambang Bitcoin, Altcoin Agar Lebih Untung

Bagi Anda yang baru saja mulai menambang, mungkin akan terkejut dengan hasil yang sangat kecil. Mengapa hal ini bisa terjadi? Setiap penambangan pastinya akan bernilai jika sulit didapatkan. Kalau saja bitcoin dan altcoin mudah diperoleh, tentu tidak akan ada harganya di pasar. Jika menambang itu sulit, adakah tips dan trik menambang bitcoin, altcoin agar lebih bernilai?

Bagi yanag ingin menambang, perlu diketahui bahwa menambang bitcoin tidak memungkinkan lagi menggunakan CPU biasa. Dari segi operasional, menambang bitcoin membutuhkan biaya besar termasuk penggunaan sumber daya listrik tinggi. Perangkat minimal yang saat ini bisa menghasilkan keuntungan adalah ASIC, dan GPU hampir tergusur. Biaya minimal penyediaan peralatan penambangan bitcoin sekarang sudah diatas 20 juta rupiah.

Tips Dan Trik Menambang Bitcoin, Altcoin

Bagaimana jika kita hanya memiliki GPU ataupun PC biasa seperti laptop? Apakah masih memungkinkan untuk menambang cryptocurrency? Untuk mendapatkan bitcoin (BTC) tidak harus menambangnya ataupun membelinya di bursa kripto. Kita bisa mendapatkannya secara gratis dengan menambang Altcoin. Salah satunya adalah koin cryptonote, yang nantinya bisa ditukar menjadi BTC. Koin ini sangat memungkinkan ditambang dengan perangkat CPU biasa dan GPU kelas rendah.

Apa saja koin cryptonote? Diantaranya yang terkenal adalah Monero (XMR), Digital Note (XDN), Bytecoin (BCN), dan Electronereum (ETN). Masih banyak lagi koin-koin yang bisa ditambang dengan algoritma cryptonote, dan semuanya bisa ditukar menjadi bitcoin ataupun langsung bernilai dolar.

Permasalahan utama disebabkan penambang pemula merasa tidak sabar, apalagi menggunakan komputer biasa. Pada dasarnya menambang tidak semudah yang Anda pikirkan, karena sulit dan waktunya lama, maka harganya pun dihargai mahal. Berikut beberapa saran yang bisa menjadi pedoman menambang cryptonote di komputer biasa dan GPU kelas rendah.

1. Fokus Di Satu Koin

Fokus dengan satu koin, jangan berpindah-pindah menambang koin. Kecuali jika Anda mempunyai lebih dari satu CPU. Semua koin nilainya ditentuukan dengan tingkat kesulitan (difficulty). Semakin tinggi tingkat kesulitan, harganya semakin mahal seperti bitcoin (BTC). Ini yang tidak bisa dilakukan penambang pemula, tidak sabar dan tidak yakin dengan apa yang dikerjakannya. Intinya semua koin sebenarnya bernilai sama, koin kecil harganya murah karena tingkat kesulitan menambang masih rendah.

2. Hitung Penghasilan Mining

Untuk penambang komputer biasa, gunakan kalkulator penambangan cryptonote di Minergate. Hitung berapa hashrate yang bisa menghasilkan uang dari perangkat Anda. Kebanyakan penambang cryptonote tidak perduli dengan berapa hasil yang diperolehnya, padahal efek menghitung akan berimbas pada biaya operasional.

Baca juga: Penghasilan Mining Bitcoin Sehari, Begini Perhitungannya

Sebagai gambaran, penghasilan menambang cryptonote dengan komputer biasa dengan prosesor 4 core berkisar 5 dolar AS per bulan. Koin lain ada yang bernilai dibawah angka ini ataupun lebih sedikit mahal. Tergantung harga pasar koin mana yang sedang booming.

3. Hold Koin, Jangan Panik

Jangan sering menjual koin, kumpulkan dan jual pada saat harga tertinggi. Atau setidaknya jika dijual sudah bisa membeli komputer baru. Penambang juga sering menjual kripto secara praktis, berapapun yang diperoleh langsung dijual. Ini memang menguntungkan, tetapi jika kita bersabar dan menahannya lebih lama, suatu saat harga pasti akan naik.

4. Jangan Meminjam Dana

Jangan pernah meminjam dana hanya untuk menambang. Apalagi mengajukan kredit hanya untuk membangun sebuah CPU rig, kecuali Anda sudah menghitung resiko dan keuntungan yang akan datang. Belum lagi masalah listrik yang terkadang sering padam tiba-tiba, kerusakan perangkat tidak bisa dihindari. Harga kripto tidak akan pernah stabil seperti kurs dolar, resikonya terlalu berbahaya untuk meminjam dana dari pihak lain.

5. Menambang Adalah Hobi

Tips dan trik menambang bitcoin atau Altcoin yang satu ini sering terlupakan. Menambang tidak lebih sebagai hobi ataupun pekerjaan sambilan, bukan penghasilan utama. Jangan salah mengerti tentang Mining, banyak penambang yang sudah investasi membangun CPU rig, tetapi justru tidak menghasilkan profit maksimal. Penambangan kripto bisa menjadi sumber penghasilan, dengan syarat bahwa perangkat dibangun dengan dana besar, arus listrik dan jaringan internet sudah terjamin.

Nah, tips dan trik menambang Bitcoin serta Altcoin diatas mudah-mudahan bisa menambah semangat bagi pemula. Tidak perlu berrkecil hati, ikan kecil makanannya pasti kecil. Ikan besar, butuh makanan besar dan awalnya juga berasal dari ikan kecil. Tidak ada yang lahir langsung dewasa, kecuali mendapat ‘warisan’. Semuanya butuh kesabaran,…

Trik Menambang Cryptonote Minergate

Untuk CPU biasa ataupun laptop yang menambang di Minergate, sebaiknya jangan menjalankan program sepanjang hari. Karena perhitungan akan rugi di beban biaya listrik. Cara yang benar dengan sambil bekerja, misalnya saat mengetik ataupun browsing, jalankan aplikasi Minergate. Aplikasi ini akan menggunakan ‘resource’ komputer yang tidak terpakai dan menyesuaikan dengan sendirinya.

Komputer juga bisa diseting agar tidak dibebani terlalu berat, caranya set aplikasi ‘CPU Mining’ menjadi 1 (jika dual core) atau 50-70% dari core prosesor Anda. Sekali mendayung, 2-3 pulau terlampaui. Sekali jalan, kita bisa mendapatkan koin dan tugas lainnya juga bisa dikerjakan. Tehnik ini jauh lebih praktis dan tidak merugikan beban listrik.

Baca juga: Token CET, CoinEx Beri Dividen 80 Persen Plus Airdrop Gratis

Mengapa menambang begitu lama, bahkan sampai setahun lebih? Wajar, karena kita menggunakan komputer biasa, maka pendapatannya sebanding dengan modal yang kita gunakan. Dan jangan pernah bermimpi dengan harta berlimpah, semua usaha ditentukan dengan modal yang tertanam. Jadi, satu unit laptop yang kita pakai hari ini bisa dibeli dengan koin gratis dari penambangan dalam waktu 1-2 tahun kedepan.

Bagi yang tertarik menambang koin cryptonote dengan CPU biasa ataupun laptop, bisa langsung mendaftar gratis di: Minergate. Cara menggunakannya bisa dilihat di halaman: Cara Menggunakan Minergate Di PC, Laptop Dan Ponsel. Happy mining!

About DCoin

DCoin diterbitkan oleh crypto blogger, penambang kecil, pemerhati junior, sekaligus memperkenalkan teknologi blockchain kepada publik. Trik dan tips mining PoW dan PoS, dan strategi perdagangan kripto. Ikuti terus ulasan kami untuk mengetahui lebih lanjut tentang tren kripto, dan bagaimana menciptakan ekosistem blockchain menjadi positif untuk masyarakat luas.

Baca Juga

Analisis Pasar Berbasis Kecerdasan Buatan

Analisis Pasar Berbasis Kecerdasan Buatan TradeRiser Segera Rilis

Sejak munculnya bitcoin sebagai salah satu pertukaran dengan nilai jual tinggi, banyak orang mulai tertarik …