Senin , Oktober 22 2018
Home / Kripto / Apa Itu ZCash? Koin Anonim Jamin Privasi Transaksi Pengguna
Apa Itu ZCash

Apa Itu ZCash? Koin Anonim Jamin Privasi Transaksi Pengguna

ZCash (ZEC) merupakan mata uang kripto yang diciptakan berbeda dengan bitcoin, walaupun koin ini berasal dari harfork BTC. Blockchain terdesentralisasi yang memungkinkan anonimitas para penggunanya, seperti halnya Monero. Kedua koin ini memiliki pasar tersendiri yang memang ingin menutup privasi. Apa itu ZCash yang kini muncul di pasar kripto dan bersaing dengan koin privasi lainnya?

Koin ZCash saat ini telah banyak digunakan oleh beberapa kalangan yang benar-benar ingin menjaga privasi bertransaksi. Tidak seperti bitcoin, koin tidak bisa dilacak, baik transaksi yang dilakukan oleh penerima dan pengirim. Berbeda dengan Monero, koin ini dibuat berdasarkan bitcoin dengan algoritma Equihash. Dan orang-orang dibaliknya merupakan pakar kripto ternama.

Apa Itu ZCash?

Setelah Monero muncul, beberapa tahun kemudian proyek Zerocoin berdiri pada 28 Oktober 2016. Nama ini kemudian berubah menjadi ZeroCash yang kini dikenal menjadi ZCash (ZEC). Berbeda dengan Monero, ZCash merupakan hardfork dari bitcoin dengan menambahkan Zero-knowledge proof yang disebut zk-SNARKS. Bukti ini menjamin privasi yang digunakan untuk menyembunyikan identitas pengirim dan penerima, serta jumlah transaksi.

Baca juga: Apa Itu Monero? Sejarah Koin Privasi Dan Anonim

ZCash menggunakan bukti khusus untuk mengamankan jaringan, sehingga memungkinkan untuk menjaga ledger tanpa mengungkap pengguna ataupun nilai transaksi. Bukti setiap transaksi yang dilakukan pengirim dan penerima seluruhnya diverifikasi untuk membuka kunci output.

Metode penambangan ZCash berbeda dalam hal reward, selama 4 tahun sejak didirikan hingga 2020, sekitar 20% blok reward akan diberikan kepada developer, investor dan yayasan nirlaba. ZCash membutuhkan waktu 2,5 menit atau 4 kali lebih cepat dari bitcoin. Diperkirakan ZCash akan selesai ditambang seluruhnya dalam waktu 131 tahun mendatang. ZCash mengenakan tarif rendah transaksi sebesar 0.0001 ZEC, lebih murah dibandingkan dengan Monero.

Apa itu ZCash? Setiap transaksi ZCash yang bersifat privasi lebih banyak membutuhkan ruang setiap blok, sehingga kecepatan jaringan berkisar 6 transaksi per detik. Total supply ZCash mencapai 21 juta koin ditambang dengan CPU dan GPU dengan Proof of Work algoritma Equihash. Penambangan ini hampir sama seperti Ethereum, bergantung pada persyaratan RAM yang tinggi, sehingga sangat berguna untuk menghambat perangkat ASIC.

Baca juga: Sejarah Harga Bitcoin Tahun Ke Tahun, Bubble Terjadi 2 Kali

Pengembang ZCash jauh lebih terbuka dibandingkan dengan Monero, CEO pendiri proyek ini adalah Zooko Wilcox. Pengembang lainnya adalah Eli Ben-Sasson, seorang dosen Israel Institute of Technology. Alessandro Chiesa, yang telah mengambil gelar PhD di Massachusetts Institute of Technology. Selain itu, penasehat proyek ZCash ini juga didukung oleh Vitalik Buterin, yang dikenal dengan koin Ethereum-nya. Kemudian juga ada Gavin Andresen, Arthur Breitman, dan Syrcuse.

About DCoin

DCoin diterbitkan oleh crypto blogger, penambang kecil, pemerhati junior, sekaligus memperkenalkan teknologi blockchain kepada publik. Trik dan tips mining PoW dan PoS, dan strategi perdagangan kripto. Ikuti terus ulasan kami untuk mengetahui lebih lanjut tentang tren kripto, dan bagaimana menciptakan ekosistem blockchain menjadi positif untuk masyarakat luas.

Baca Juga

Cara Mining Bitcoin Gold

Cara Mining Bitcoin Gold Dengan Claymore Dan EWBF

Fakta yang terlihat saat ini, bahwa penambangan bitcoin sudah hampir dikuasai oleh industri besar. Sementara …