Rabu , Desember 12 2018
Home / Kripto / Cara Menerima Pembayaran Menggunakan Bitcoin Dan Mengirimnya
Cara Menerima Pembayaran Menggunakan Bitcoin

Cara Menerima Pembayaran Menggunakan Bitcoin Dan Mengirimnya

Bitcoin saat ini menjadi salah satu pilihan alternatif sebagai alat pembayaran yang cepat. Pembayaran melalui cryptocurrency tidak mengenal lintas negara, yang kita butuhkan hanya alamat wallet untuk menerima mata uang digital. Tetapi tidak semua orang yang mengetahui cara menerima pembayaran menggunakan bitcoin dan mengirimkannya. Panduan lengkap ini akan menjelaskan langkah demi langkah untuk mempermudah mengenal bitcoin.

Hanya ada satu mata uang digital kripto yang disebut Bitcoin dengan kode BTC. Selain itu, ada juga kripto lain yang juga menggunakan nama Bitcoin Cash (BCH), Bitcoin Diamond (BCD), Bitcoin Gold (BTG). Walaupun ketiganya sama-sama menggunakan nama bitcoin, semuanya termasuk kedalam Alternatif Coin atau Altcoin. Saat ini jumlah altcoin sudah mencapai ratusan koin yang beredar bebas dipasar internet.

Bitcoin (BTC) merupakan yang tertua, induk yang melahirkan altcoin semuanya dicetak menggunakan dasar pembuatan bitcoin. Jadi intinya, yang disebut bitcoin hanya ada satu, selebihnya disebut altcoin. Nah, sampai disini setidaknya Anda sudah memahami, pengiriman apa yang akan digunakan. Kebanyakan orang masih tidak mengetahui perbedaan antara bitcoin dan altcoin, sehingga sering terjadi kesalahan pengiriman.

Sebelum mengulas cara menerima pembayaran menggunakan bitcoin, maka kita bicarakan lebih dahulu cara membuat wallet bitcoin. Apa itu wallet bitcoin? Wallet atau dompet bitcoin digunakan sebagai tempat menerima bitcoin yang dikirim dari berbagai tempat. Tanpa wallet, siapapun tidak bisa menerima bitcoin, jadi fungsinya sama seperti nomor rekening bank. Langkah berikut akan menjelaskan cara membuka akun bitcoin, hingga menerima pembayaran bitcoin.

Registrasi Akun Wallet Bitcoin

Untuk membuka akun wallet bitcoin, siapkan identitas asli seperti KTP/SIM/Paspor, Email, nomor ponsel yang aktif, juga nomor rekening Bank untuk mencairkan dana Bitcoin. Email dan nomor ponsel digunakan untuk konfirmasi membuka akun, atau sama seperti SMS Banking. Sedangkan identitas KTP digunakan sebagai validitas pergerakan keuangan yang dipantau langsung oleh Bank Indonesia. Hal ini untuk mencegah pencucian uang dari manapun, pengaawasannya sama seperti rekening bank.

Kemudian, Anda diwajibkan mengirimkan foto terkahir. Ini berbeda dengan membuka akun rekening bank, karena di internet sering terjadi foto-foto palsu. Untuk mengantisipasi foto palsu, tempat penukaran bitcoin memberlakukan foto asli sambil memegang kartu identitas. Atau minimal memegang kertas yang tertulis nama asli dan tanggal foto. Semua foto pendaftar akan diperiksa keasliannya, jadi pendaftaran ini membutuhkan waktu beberapa hari.

Masukkan nomor rekening bank yang sesuai dengan nama yang Anda daftarkan. Karena setiap pencairan dana yang tidak sesuai dengan rekening bank, pasti akan macet. Ini untuk mencegah uang Anda dicuri orang lain, disarankan untuk mendaftarkan rekening yang masih berlaku. Jadi, nama akun yang didaftar sebaiknya sama dengan nama yang tertulis di buku rekening bank. Pencairan dana bitcoin lebih cepat dan tanpa pending.

Baca juga: Manfaat Dan Kegunaan Bitcoin Secara Finansial Menguntungkan

Nah, setelah Anda mempersiapkan semua persyaratan diatas, silahkan daftar klik disini: INDODAX. Salah satu bursa perdagangan Bitcoin yang resmi dibuka dan dipantau oleh BI. Disini Anda akan mendapatkan akun wallet Bitcoin dan Altcoin. Setelah mendaftar, konfirmasi Email akun dan ponsel, kemudian kirimkan foto identitas dan foto diri yang asli. Akun akan diperiksa selama beberapa hari.

Cara Menerima Pembayaran Menggunakan Bitcoin

Setelah pendaftaran akun Bitcoin disetujui, Anda bisa menggunakan wallet. Ingat ya, harus disetujui dahulu kemudian gunakan alamat wallet yang dimiliki. Jika belum diverifikasi, maka dana tidak bisa dicairkan ke akun rekening bank.

saldo aset

 

Adapun cara melihat akun atau alamat wallet bisa dilihat pada menu masing-masing coin, buka melalui browser. Setelah login, buka menu ‘Saldo Aset’ yang ada disudut kanan atas atau disebelah kiri. Untuk deposit IDR digunakan untuk membeli mata uang Bitcoin dan Altcoin. Sementara untuk mengirimkan dan menerima bitcoin ataupun altcoin, pilih Deposit/Withdraw disetiap koin. Ingat ya, masing-masing koin tidak ada alamat wallet yang sama, semuanya berbeda. Agar Anda tidak salah dalam mengirim dan menerima koin.

Cara Menerima Pembayaran Menggunakan Bitcoin

Nah, cara menerima pembayaran menggunakan bitcoin cukup klik menu deposit Bitcoin (BTC). Dihalaman ini akan tampak 3 kolom yang menampilkan menu Terima Bitcoin, Kirim Bitcoin, dan Riwayat untuk melihat transaksi terakhir. Untuk menerima, pada kolom ‘Terima Bitcoin’ akan muncul alamat Bitcoin. Alamat ini yang Anda berikan kepada orang lain untuk menerima pembayaran berupa bitcoin.

Baca juga: Cara Menyimpan Ethereum, ETH Dan ERC20 Paling Aman

Alamat Bitcoin sebaiknya di copy, banyak kesalahan yang terjadi ketika mengetik secara manual. Copy paste digunakan sangat lazim di dunia cryptocurrency, karena paduan angka dan huruf acak yang sulit diingat. Anda akan menerima konfirmasi penerimaan Bitcoin melalui Email, dan juga bisa dilihat dari kolom Riwayat transaksi.

Cara Mengirim Bitcoin

Bagaimana cara mengirim bitcoin ke akun wallet lain? Mudah saja, masih dihalaman yang sama seperti menerima bitcoin. Pilih menu ‘Kirim Bitcoin’ dan isikan jumlah BTC yang akan dikirim. Biaya penarikan/pengiriman sebesar 0,0005 BTC akan dipotong langsung dari jumlah yang akan dikirimkan.

Cara Mengirim Bitcoin

Masukkan alamat bitcoin, dan sekali lagi pastikan bahwa alamat tersebut adalah wallet Bitcoin. Untuk memastikan alamat BTC sudah benar, bisa dicek melalui Blockexplorer. Masukkan address wallet pada kolom search, kemudian tekan ‘Enter’. Semua transaksi yang ada di alamat wallet ini bisa terlihat.

Jika semua telah terisi, klik Kirim. Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi pengiriman yang akan diterima melalui Email yang terdaftar. Tanpa konfirmasi ini, bitcoin tidak akan terkirim. Hal ini untuk mencegah atau pengamanan berlapis agar bitcoin tidak mudah pindah ketangan orang lain. Pembatalan pengiriman juga ada di Email ini, jika salah mengirim bisa langsung membatalkannya.

Baca juga: Apa Itu Bitcoin Dan Cara Mendapatkannya?

Panduan diatas sangat mudah, tidak ada yang sulit dalam pembuatan akun bitcoin. Cara menerima pembayaran menggunakan bitcoin dan mengirim altcoin paling banyak digunakan untuk pembayaran dari luar negeri. Karena transfernya cepat dan biaya transaksi kecil dibandingkan dengan Bank. Cara-cara diatass juga bisa dilakukan untuk semua koin yang ada di Indodax. Silahkan daftar akun bitcoin Anda, pendaftaran gratis tanpa biaya di INDODAX.

About DCoin

DCoin diterbitkan oleh crypto blogger, penambang kecil, pemerhati junior, sekaligus memperkenalkan teknologi blockchain kepada publik. Trik dan tips mining PoW dan PoS, dan strategi perdagangan kripto. Ikuti terus ulasan kami untuk mengetahui lebih lanjut tentang tren kripto, dan bagaimana menciptakan ekosistem blockchain menjadi positif untuk masyarakat luas.

Baca Juga

Apa Itu Ethereum, Apa Itu Ether

Apa Itu Ethereum Dan Ether? Dua Sebutan Yang Berbeda Makna

Blockchain yang satu ini dikenal banyak orang dan lebih populer digunakan saat ini. Ethereum salah …