Selasa , Oktober 16 2018
Home / Kripto / Cara Menyimpan Ethereum, ETH Dan ERC20 Paling Aman
Cara Menyimpan Ethereum

Cara Menyimpan Ethereum, ETH Dan ERC20 Paling Aman

Bagi pemula yang baru mengenal kripto, mungkin masih merasa bingung bagaimana cara menyimpan Ethereum dan token ERC20. Token ERC20 yang jelas tidak bisa disimpan di wallet ETH yang tersedia di exchange. Bahkan banyak pengguna yang salah ketika memberikan alamat Ethereum ERC20, sehingga token yang diterima tidak pernah masuk ke wallet.

Agar tidak mengalami kesalahan yang sama, maka penting bagi kita untuk mengetahui tentang wallet. Karena dompet Ethereum pribadi saat ini dianggap sangat berharga, tidak hanya menyimpan koin ETH. Tetapi juga menjadi bank aset berupa token ERC20. Beberapa orang lebih memilih wallet ETH yang ada di exchange, karena dianggap lebih praktis dan hemat biaya transaksi.

Berbeda dengan wallet yang ada di bursa kripto. Wallet yang ada disini sebenarnya dikhususkan hanya untuk menerima dan mengirim koin, sebelum ataupun sesudah transaksi. Jadi, jangan pernah menyimpan koin dalam jangka waktu yang lama, terlebih dalam jumlah yang cukup besar. Ada banyak kasus kehilangan koin dan token yang tersimpan di bursa kripto. Tidak ada jaminan bahwa dana yang tersimpan aman untuk investasi, tetapi sangat praktis digunakan untuk jual beli kripto.

Jika bursa kripto tempat menyimpan koin dianggap terpercaya, maka tidak ada yang salah jika menyimpannya disana. Tetapi belajar dari beberapa kasus yang lalu, dimana hacker berhasil mencuri aset kripto dari salah satu bursa di Asia. Kerugian pengguna mencapai jutaan dolar AS, tentunya siapapun tidak ingin hal ini terjadi lagi.

Cara Menyimpan Ethereum Paling Aman

Lalu, bagaimana cara menyimpan Ethereum dan token ERC20 yang paling aman? Saat ini ada beberapa aplikasi yang menyediakan penyimpanan atau bank kripto. Tetapi umumnya dibuat bukan berbasis blockchain, hampir sama dengan bursa kripto yang bisa login menggunakan akun email. MyEtherWallet adalah salah satu dompet yang paling aman untuk menyimpan Ethereum dan token ERC20.

MyEtherWallet atau disingkat MEW, aplikasi open source gratis yang langsung terintegrasi dengan blockchain Ethereum dan memerlukan private key untuk mengaksesnya. Jika kita kehilangan key ini, maka tidak akan pernah terbuka sama sekali. Inilah harta karun tersembunyi, ada banyak pengguna yang kehilangan key dan sampai saat ini tidak bisa mengeluarkan asetnya dari MEW.

Baca juga: Cara Menggunakan Myetherwallet, Daftar Dan Withdraw Mudah

Sebelum menggunakan MEW, pastikan kita sudah menyimpan key, baik berupa print kertas ataupun menyimpannya di disk teraman. Setelah menyimpan key dan alamat wallet, Anda sudah bisa langsung menggunakan dompet ini. Kirimkan aset ETH dan token ERC20 yang dibeli ataupun diterima dari pihak lain ke alamat MEW pribadi. Dan perlu diingat, penyimpanan ini hanya khusus untuk investasi jangka panjang. Jika digunakan untuk transaksi trading, metode ini tidak praktis.

Baca juga: Prediksi Harga Ethereum, Naik 127 Persen Per Tahun

Setiap transaksi yang dilakukan melalui MyEtherWallet, baik setor dan tarik tunai akan dikenakan Gas. Satuan ini merupkan fee yang dikenakan untuk setiap transaksi dan tergantung besarnya nilai aset. Sebagian orang menganggap bahwa menyimpan aset di MyEtherWallet sangat merepotkan. Tetapi dari segi keamanan, cara menyimpan Ethereum seperti ini tidak ada tandingan dan hampir tidak ada berita kehilangan aset. Yang paling sering terdengar, bahwa beberapa orang kehilangan private key.

About DCoin

DCoin diterbitkan oleh crypto blogger, penambang kecil, pemerhati junior, sekaligus memperkenalkan teknologi blockchain kepada publik. Trik dan tips mining PoW dan PoS, dan strategi perdagangan kripto. Ikuti terus ulasan kami untuk mengetahui lebih lanjut tentang tren kripto, dan bagaimana menciptakan ekosistem blockchain menjadi positif untuk masyarakat luas.

Baca Juga

Apa Itu Ethereum, Apa Itu Ether

Apa Itu Ethereum Dan Ether? Dua Sebutan Yang Berbeda Makna

Blockchain yang satu ini dikenal banyak orang dan lebih populer digunakan saat ini. Ethereum salah …