Selasa , Agustus 14 2018
Home / Market / Resiko Trading Bitcoin Bisa Teratasi Dengan 6 Cara Ini
Resiko Trading Bitcoin

Resiko Trading Bitcoin Bisa Teratasi Dengan 6 Cara Ini

Ditengah-tengah pasar yang sedang lesu, dan tiba-tiba saja naik, tentunya banyak orang yang berfikir dua kali untuk memulai berdagang kripto. Bagaimana cara mengatasi resiko trading Bitcoin agar jauh lebih aman dan bisa mengantisipasi kerugian?

Ada beberapa cara agar trading Bitcoin bisa dilakukan dengan nyaman tanpa harus risau. Naik dan turunnya harga pasar merupakan fundamental yang harus dihadapi, kita tidak bisa menghindari hal ini. Jika demikian, adakah cara teraman agar resiko kerugian bisa dikurangi? Khususnya pemula yang paling sering terjebak diangka pembelian murah, atau tiba-tiba saja kehilangan aset.

Cara Mengurangi Resiko Trading Bitcoin

Beberapa cara ini sering dilakukan trader untuk mengamankan aset, sekaligus bisa menjaga kehilangan aset dalam jumlah besar. Berikut bagaimana membuat trading Bitcoin menjadi lebih nyaman tanpa harus memikirkan kehilangan aset:

1. Jangan Gunakan Seluruh Aset

Jika aset Bitcoin telah berada di wallet yang benar, jangan gunakan seluruhnya untuk trading. Paling aman untuk mengurangi resiko trading Bitcoin dengan cara menggunakan dana 25-30 persen saja. Kebanyakan orang tergiur dengan harga murah, dan langsung membelanjakan seluruh asetnya. Trading seperti ini terlalu beresiko tinggi, jika harga turun maka kita tidak memiliki modal apapun.

2. Teliti Sebelum Membeli

Satu hal yang banyak terlewatkan, pedagang paling sering tidak mengetahui lebih banyak soal cryptocurrency yang akan dibeli. Dengan melihat harga murah, langsung saja dibeli tanpa pikir panjang. Kenali dahulu proyek jangka panjang dan siapa pengembangnya. Ada ratusan koin dan token yang beredar di pasar kripto, tetapi hanya sedikit yang benar-benar membangun komunitasnya.

3. Jangan Mudah Termakan Janji

Sama seperti kampanye politik, kebanyakan koin dan token yang diperdagangkan saat ini lebih banyak mengumbar janji palsu. Roadmap sangat mudah dibuat, tetapi implementasi sering kali tidak muncul atau jadwal sering mundur. Pelajari dahulu, apakah roadmap ataupun proyek yang dijanjikan secara logika bisa diterima atau tidak.

3. Hindari Scalp

Jangan coba-coba ‘scalping’ jika masih pemula. Tehnik scalp bisa menguntungkan jika kita sudah profesional. Cara ini banyak digunakan trader, tetapi banyak pula yang terjebak di harga tinggi.

4. Stop Order

Walaupun sering dianggap sebelah mata, stop order sangat membantu mengurangi resiko trading Bitcoin. Setiap kali membeli kripto, tetapkan berapa nilai stop loss agar kerugian tidak terlalu besar.

Baca juga: Trading Bittrex Bisa Pilih Ratusan Koin Dan Token Populer

5. Jangan Malas Baca Berita

Di zaman sekarang, wajar jika menemukan orang yang malas membaca. Kebanyakan lebih suka membaca status sosial media dibandingkan berita yang berdampak pada lingkungannya. Di dunia trading, jangan sesekali melewatkan berita, karena saat ini pengaruh terbesar turun dan naiknya harga tergantung berita. Umumnya harga Bitcoin turun oleh karena berita regulasi disuatu wilayah, begitu juga dengan kenaikan harga yang mendukung perkembangan cryptocurrency.

6. Jangan Unduh App Sembarangan

Jaga aset agar tidak jatuh ke pihak ketiga. Teknologi blockchain memang berkembang, dan saat ini banyak sekali aplikasi mobile yang menawarkan berbagai cara untuk mendapatkan private key ataupun tawaran investasi. Kebanyakan orang mulai tergiur tanpa berhitung secara logika, dan langsung mengirimkan sejumlah kripto ke akun mereka.

Baca juga: Cara Menyimpan Ethereum, ETH Dan ERC20 Paling Aman

Ada pula yang menawarkan aplikasi wallet mobile, tetapi tiba-tiba aset didalamnya menghilang begitu saja. Gunakan wallet yang memang secara resmi merilis app mobile. Bahkan ada pula app yang merilis bursa kripto, padahal bursa tersebut sama sekali belum merilisnya. Dengan cara ini, resiko trading Bitcoin bisa berkurang oleh karena kecermatan kita sendiri.

About DCoin

DCoin diterbitkan oleh crypto blogger, penambang kecil, pemerhati junior, sekaligus memperkenalkan teknologi blockchain kepada publik. Trik dan tips mining PoW dan PoS, dan strategi perdagangan kripto. Ikuti terus ulasan kami untuk mengetahui lebih lanjut tentang tren kripto, dan bagaimana menciptakan ekosistem blockchain menjadi positif untuk masyarakat luas.

Baca Juga

Mengatasi Browser Lambat

Mengatasi Browser Lambat Dengan Extensi Online, Amankan Privasi

Sebuah proyek yang cukup potensial untuk mengamankan pengguna internet, terutama dalam hal security. Token Online …