Selasa , Oktober 16 2018
Home / Phone / Koin Yang Bisa Ditambang Smartphone Dan Perangkat Biasa
Koin Yang Bisa Ditambang Smartphone

Koin Yang Bisa Ditambang Smartphone Dan Perangkat Biasa

Puluhan mata uang kripto saat ini beredar dan sebagian kecil sangat memungkinkan ditambang dengan perangkat kecil. Kebanyakan penambang yang sudah memiliki peralatan kelas tinggi tidak ingin berpartisipasi kedalamnya. Hal ini disebabkan karena harga dan tempat penukaran juga terbatas. Apa saja koin yang bisa ditambang smartphone dan CPU biasa?

Ditahun 2018, metode penambangan Proof of Work (PoW) tampaknya tidak begitu menjanjikan. Penambangan PoW sepertinya akan semakin sedikit dan mulai beralih ke metode Proof of Stake (PoS). Hal ini disebabkan karena PoW menggunakan daya listrik cukup besar, sementara PoS dianggap ramah lingkungan.

Koin Yang Bisa Ditambang Smartphone

Penambang besar tentunya akan menargetkan kripto dengan nilai jual tinggi. Pendatang baru sepertinya tidak begitu mendapat perhatian dikalangan penambang GPU. Harga koin berpengaruh karena komunitas, semakin besar komunitas penambang maka nilainya juga bagus. Ethereum dan Monero, keduanya masih mempertahankan penambangan GPU dan harganya juga menguntungkan.

Nah, koin apa saja yang bisa ditambang dengan ponsel Android, iPhone, dan CPU? Beberapa koin berikut dirilis pada tahun 2018 dan sangat mendukung penambangan dengan smartphone Android dan iOS.

Bytecoin, Digital Note, Monero, Electroneum, merupakan koin algoritma cryptonote yang sangat berpotensi ditambang melalui ponsel. Koin ini dianggap flexible karena sangat memungkinkan ditambang dengan perangkat kecil sekalipun. Penambangan koin menggunakan app ponsel yang bisa diunduh di Play Store.

Electroneum (ETN), salah satu pendatang baru yang hadir ditahun 2018. Koin ini berpotensi menguntungkan jika ditambang dengan ponsel. Electroneum merilis app khusus penambangan ETN dan langsung dibundling dengan wallet. Sementara untuk penambangan CPU tidak lagi menguntungkan, Electroneum telah merilis upgrade yang mendukung ASIC. Cara menggukan app Electroneum bisa dilihat pada halaman App Electroneum Mobile Mining.

Koin Yang Bisa Ditambang GPU Dan CPU Biasa

Ada banyak koin yang bisa ditambang dengan CPU, apalagi menggunakan GPU. Tetapi tingkat kesulitan telah membatasi, spesifikasi minimal menentukan apakah menguntungkan atau tidak. Misalnya Ethereum, perhitungan saat ini membutuhkan spesifikasi minimal 3 GPU 8GB. Spesifikasi dibawah ini sebaiknya beralih menambang koin lain.

Untuk GPU kelas rendah dan CPU, bisa mencoba menambang MoneroV. MoneroV merupakan hardfork dari cryptonote Monero yang bisa ditambang dengan CPU dan GPU. Saat ini jumlah penambang masih sedikit, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan koin yang lebih banyak. Harganya memang masih rendah, tetapi jauh lebih baik dibandingkan dengan Digital Note.

Baca juga: Cara Mining Monero, CryptoNote, Dengan GPU Dan CPU

Koin algoritma Equihash diantaranya adalah ZEC, Bitcoin Private dan Bitcoin Gold. Ketiga koin ini sangat berpotensi ditambang dengan GPU. Baru-baru ini, Bitcoin Gold telah merilis upgrade blockchain untuk mengantisipasi penambang ASIC dan mendukung penambang GPU. Koin-koin ini tidak memungkinkan ditambang dengan ponsel.

Vertcoin, kripto yang satu ini dijuluki koin rakyat algoritma Lyra2v2. Sistem ini tidak dikontrol oleh perangkat penambangan khusus. Vertcoin (VCT) sangat mungkin ditambang menggunakan CPU. Software penambangan telah disediakan oleh komunitas Vertcoin di website official VTC.

Baca juga: Tips Dan Trik Menambang Bitcoin, Altcoin Agar Lebih Untung

Sebenarnya masih banyak lagi koin yang bisa ditambang ponsel smartphone, GPU dan CPU. Tetapi komunitasnya lambat berkembang karena sedikit dukungan penambang dan terbatasnya bursa kripto. Semakin besar komunitas, maka semakin tinggi tingkat kesulitan, dan harga pasar pasti lebih baik dari sebelumnya.

About DCoin

DCoin diterbitkan oleh crypto blogger, penambang kecil, pemerhati junior, sekaligus memperkenalkan teknologi blockchain kepada publik. Trik dan tips mining PoW dan PoS, dan strategi perdagangan kripto. Ikuti terus ulasan kami untuk mengetahui lebih lanjut tentang tren kripto, dan bagaimana menciptakan ekosistem blockchain menjadi positif untuk masyarakat luas.

Baca Juga

Apa Itu Bitcoin Mining

Bitcoin Mining, Penambangan VGA, FPGA Dan ASIC?

Bitcoin merupakan mata uang digital kripto yang diluncurkan pertama kali sekaligus menjadi induk cryptocurrency. Walaupun …